Kamis, 2 Februari 2023

Xi Jinping Terpilih Lagi, Kim Jong Un Ucapkan Selamat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kim Jong Un pemimpin Korea Utara ke China. Foto: CBS News

Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara mengirimkan surat ucapan selamat kepada Xi Jinping pada Minggu (23/10/2022) karena terpilih lagi menjadi pemimpin China, seraya berharap dapat menjalin hubungan yang lebih erat.

“Kongres ke-20 CPC (Partai Komunis China) menghasilkan peristiwa penting bagi partai dan rakyat China dalam mendorong proses bersejarah untuk mencapai kemakmuran besar bagi bangsa China di bawah bendera sosialisme dengan karakteristik China di era baru,” tutur Kim dalam surat tersebut, menurut Reuters yang dikutip Antara.

Kim Jong Un mengatakan akan membentuk masa depan hubungan antar dua negara tersebut.

“Saya bersama Anda, akan membentuk masa depan hubungan DPRK-China yang lebih indah, yang memenuhi tuntutan zaman dan mengupayakan realisasinya sehingga dapat terus mendorong tujuan sosialis yang lebih kuat di kedua negara,” ujarnya.

DPRK merujuk pada nama resmi Korut, Republik Demokratik Rakyat Korea.

Sebagai informasi untuk diketahui, Xi Jinping mengamankan masa kepemimpinan ketiga pada Minggu. Dia memperkenalkan pemerintahan baru yang diisi para loyalis, memperkuat posisinya sebagai penguasa paling kuat di negara itu sejak Mao Zedong.(ant/rum/iss)

Berita Terkait