Selasa, 7 Mei 2024

1.000 Warga Surabaya Bisa Ikut Upacara Hari Merdeka di Balai Kota, Pendaftaran Sepekan Sebelum 17 Agustus

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekan Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Foto: Arsip Biro Pers Setpres

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyediakan kuota 1.000 kursi khusus untuk masyarakat dalam gelaran Upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2023.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya menyebut, masyarakat yang akan ikut upacara harus mendaftar lewat laman pendaftaran online yang baru diluncurkan sepekan sebelum pelaksanaan.

“Nanti ada link pendaftarannya. Sekarang belum dibuka. Dibuka satu minggu sebelumnya. Kuota untuk masyarakat 1.000 orang,” jelasnya dihubungi suarasurabaya.net, Jumat (4/8/2023).

Belum ada ketentuan soal kostum yang dipakai peserta upacara. Sehingga, masyarakat yang bisa mendaftar ikut upacara cukup menyiapkan busana batik lengan panjang.

“Untuk Saat ini belum ada petunjuk teknis dari pemerintah pusat. Sehingga, busananya batik lengan panjang,” lanjut Maria.

Mengenai pelaksanaan upacara HUT RI ke-78 dan ketentuan terkait lainnya, Maria bilang akan diinformasikan menyusul.

Sekedar diketahui, pada upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya 17 Agustus 2022, diikuti ratusan tamu undangan. Kuota untuk warga hanya 100 orang.

Sebelumnya, melalui surat edaran, Pemkot Surabaya minta masyarakat berpartisipasi dengan memasang bendera merah putih serentak mulai 1-31 Agustus 2023. Begitu juga dekorasi berupa umbul-umbul, poster, dan semacamnya serentak mulai 20 Juli 2023. (lta/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs