Minggu, 16 Juni 2024

12 Titik Penyekatan di Pintu Masuk Kota Surabaya untuk Cegah Konvoi pada Malam Tahun Baru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
AKBP Arif Fazlurrahman Kasatlantas Kamsel Polrestabes Surabaya saat talkshow di Suara Surabaya, Selasa (7/11/2023). Foto : Dukut suarasurabaya.net

Polrestabes Surabaya akan melakukan penyekatan di 12 titik perbatasan Kota Surabaya saat malam pergantian tahun pada Minggu (31/12/2023). Penyekatan akan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB.

AKBP Arif Fazlurrahman Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengatakan, ke-12 titik tersebut tersebar di wilayah perbatasan Surabaya dengan Gresik, Sidoarjo, dan Tanjung Perak.

Ke-12 titik penyekatan itu berada di Bundaran Waru, Berbek Industri, Pondok Candra, MERR Gunung Anyar, Karangpilang, Lakarsantri-menganti, Romokalisari, Benowo-Menganti, Simpang tiga Indrapura-Rajawali, Rajawali-JMP, Simpang empat Dupak-Demak, Simpang empat Kedung Cowek-Kenjeran

Arif mengatakan, penyekatan ini dilakukan sebagai langkah pencegahan masuknya kelompok yang berkonvoi dan tidak tertib aturan. Sebab, kelompok ini dikhawatirkan mengganggu kenyamanan masyarakat Surabaya.

“Kami akan melakukan penyekatan di sana. Kami akan identifikasi, apabila ada indikasi mengarah ke sana, langsung kita berhentikan. Kalau dia tidak lengkap kendaraannya, tidak menggunakan helm, memakai knalpot brong, langsung kami tilang dan kami amankan kendaraannya,” ujar Arif ketika mengudara di Radio Suara Surabaya pada Sabtu (30/12/2023) malam.

Selain itu, polisi juga melakukan serangkaian pola penyekatan di dalam Kota Surabaya. Apabila terdapat kelompok yang berkonvoi di dalam kota, Arif menegaskan bahwa mereka akan ditilang oleh petugas.

“Kurang lebih 1.500 personel akan disiagakan yang terdiri dari gabungan TNI/Polri dan instansi terkait untuk bersama-sama menjaga Kota Surabaya,” ungkap Arif.

Kepada masyarakat, Arif mengimbau untuk merayakan tahun baru di rumah. Selain itu, para orang tua diimbau untuk mengawasi anak-anaknya agak tidak keluar rumah saat malam tahun baru.

“Jangan sampai pergi ke mana, bersama siapa, berujung nanti ikut kelompok-kelompok yang malah nanti ada bentrokan, ada selisih paham, itu yang jadi masalah,” ujarnya.

Kemudian bagi warga yang ingin staycation di Surabaya, diminta untuk datang lebih awal ke Kota Pahlawan.

“Kami harapkan malam pergantian tahun bisa aman dan kondusif, tanpa ada ambang gangguan yang bisa meningkat ke potensi gangguan, bahkan berkembang menjadi gangguan kamtibmas,” terang Arif. (saf/iss)

12 Titik Penyekatan di Batas Kota Surabaya:
1. Bundaran Waru
2. Berbek Industri
3. Giant Pondok Candra
4. Jembatan Baru Karangpilang
5. MERR Gunung Anyar
6. Lakarsantri-Menganti
7. Romokalisari
8. Benowo-Menganti
9. Persimpangan 3 Indrapura-Rajawali
10. Rajawali-JMP
11. Simpang 4 Dupak-Demak
12. Simpang 4 Kedung Cowek-Kenjeran

11 Titik Penyekatan di Jalur Protokol Surabaya:
1. Bundaran Dolog (Taman Pelangi)
2. Fly Over Mayangkara
3. Kebun Binatang
4. Taman Bungkul
5. TL simpang 4 Jalan Pandegiling-Urip Sumoharjo
6. Fly Over Pasar Kembang
7. TL Simpang 4 Polisi Istimewa
8. Tembaan-Bubutan
9. Pahlawan-Tembaan
10. Kawasan Lenmarc
11. TL Simpang 4 Mastrip-Wiyung

8 Titik Penyekatan di Pusat Kota Surabaya:
1. Depan Hotel Bumi
2. Depan Tunjungan Plaza
3. Depan BG Junction
4. Simpang 4 Gubeng Pojok
5. Depan PTC Surabaya
6. Jalan Tunjungan
7. Jalan Raya Darmo
8. Jalan Kertajaya

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
25o
Kurs