Minggu, 28 April 2024

2.672 Camaba Lolos Unair Lewat Jalur SNBT 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga (Unair) saat berada di Gedung Amerta Unair Kampus C Surabaya, pada Selasa (20/6/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 2.672 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) lolos masuk Universitas Airlangga (Unair) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Mohammad Nasih Rektor Universitas Airlangga (Unair) mengatakan, seluruh camaba yang diterima tersebut, berasal dari total 34.159 pendaftar. Dan dari jumlah itu, 555 diantaranya merupakan mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Alhamdulillah, tahun ini UNAIR dipercaya sebanyak 34.159 calon mahasiswa yang ingin berkuliah di Unair. Tentu ini adalah angka yang sangat tinggi. Namun sayangnya, kita hanya bisa menerima 2.672 dari total pendaftar tersebut,” ucapnya dalam Konferensi Pres di Gedung Amerta Universitas Airlangga Kampus C Surabaya, pada Selasa (20/6/2023).

Sementara untuk nilai rata-rata mahasiswa baru Unair jalur SNBT mencapai 648.92. Skor tersebut, kata Nasih, sekaligus membawa Unair menduduki posisi lima besar nilai rata-rata UTBK nasional.

Pada program studi kelompok Saintek, ia menyebut, nilai rata-rata tertinggi ditempati oleh prodi Kedokteran dengan nilai rata-rata 735,92, kemudian disusul Prodi Teknologi Sains Data, Sistem Informasi, Kedokteran Gigi, dan Statistika.

Sedangkan pada kelompok Soshum, nilai rata-rata tertinggi ada pada program studi Psikologi dengan nilai rata-rata mencapai 676,92 dan disusul program studi Akuntansi dengan nilai rata-rata 672,42.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa dari seluruh camaba yang lolos, ada 33 camaba yang merupakan siswa siswi lintas jurusan.

“Untuk ini tentu akan menjadi pertimbangan dan perhatian khusus bagi kami, dan karenanya kami mohon untuk bisa menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Menyiasati hal tersebut, ia menyatakan bahwa Unair memberikan beberapa solusi bagi mahasiswa baru lintas jurusan. Yakni seperti, mahasiswa lintas jurusan harus memberikan keterangan minimal nilai akhir mata pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan program studi, atau pindah ke jurusan Soshum yang lebih sesuai dengan jurusan mereka di SLTA.

“Jadi, nanti mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang harus memberikan keterangan nilai mata pelajaran di SMA yang sesuai dengan mata kuliah di program studinya. Misalnya jika di FKG, maka mereka harus memberi keterangan nilai biologi dan kimia, dan seterusnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Unair juga memberikan fasilitas berupa matrikulasi bagi mahasiswa lintas jurusan, yakni calon mahasiswa lintas jurusan harus memenuhi batas minimal nilai dalam matrikulasi sebelum mengikuti perkuliahan.

Hal itu, kata Nasih, bertujuan untuk meminimalisasi risiko yang akan terjadi, khususnya saat studi berlangsung.

Ia juga mengimbau para calon mahasiswa baru agar segera bersiap untuk melakukan daftar ulang,  yang dapat dilakukan dengan mengakses seluruh informasi terkait persyaratan dan ketentuan pada laman Unair.

“Bagi para calon mahasiswa baru, dimohon agar segera mempersiapkan dokumen dan persyaratan lainnya untuk daftar ulang. Semua ketentuan secara detailnya bisa diakses di laman https://snbt.unair.ac.id/count.html ,” pungkasnya. (ris/dvn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs