Minggu, 28 April 2024

98 Pasukan Paskibraka Pelajar Surabaya Mulai Latihan Jelang Upacara HUT RI ke-78

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pembukaan diklat 98 paskibraka Surabaya oleh Ikhsan Sekda Kota Surabaya, Jumat (4/8/2023). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Sebanyak 98 pelajar SMA/SMK sederajat di Surabaya lolos seleksi sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) saat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Mereka mulai mengikuti kegiatan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) mulai hari ini, Jumat (4/8/2023) hingga acara nanti.

Ikhsan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya menyebut, selama dua pekan itu anggota akan mendapat materi pelatihan dan pendidikan. Mulai dari Pelatihan Baris Berbaris (PBB), leadership, kedisiplinan, hingga cara bisa tampil percaya diri.

“Ini jadikan bekal ketika kalian nanti menjalani hidup setelah selesai dari tugas paskibraka. Ini akan menjadi cerita untuk kalian bersama ketika nanti sudah berkeluarga, cerita kepada anak-anak, cucu. Karena tidak banyak orang bisa mengalami cerita yang sekarang sedang kalian hadapi,” tuturnya.

Ikhsan menyebut, 98 pelajar ini terpilih dari ribuan pendaftar yang ikut seleksi.

“Adik-adik ini kemudian melakukan seleksi dan akhirnya terpilih 100 anak. Kemudian ada 2 yang kita kirim ke provinsi untuk mewakili Paskibraka provinsi. Jadi di Surabaya ada 98 orang yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus nanti,” kata Ikhsan.

Ia minta semua yang terpilih serius belajar dan mendengarkan materi yang diberikan banyak tokoh di Surabaya dan Jawa Timur.

“Manfaatkan momentum ini, selama dua minggu kalian dilatih, kalian dididik, ambil manfaat dan ilmu sebanyak-banyaknya. Kami berharap kalian nanti betul-betul bisa menjadi orang-orang yang akan memimpin Surabaya ke depan, yang akan memimpin Indonesia ke depan,” tegasnya.

Sementara Ahmad Daya Prasetyono Kepala Bidang Kesatuan Bangsa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya menyampaikan selama diklat akan bertempat di Balai Kota.

“Pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka dimulai pada tanggal 4 hingga 17 Agustus 2023. Dimana kegiatan berlangsung mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB. Adapun untuk tempat pelatihan di Balai Kota Surabaya,” kata Ahmad Daya.

98 peserta itu terbagi jadi 49 siswa dan 49 siswi dari SMA/SMK sederajat di Kota Surabaya.

“Para pelajar tersebut merupakan hasil seleksi Paskibraka Surabaya tahun 2023,” katanya.

Pembinaan fisik yang akan dibina langsung Komando Garnisun Tetap (Kogartap) III/Surabaya. Didukung Satpol PP serta Duta Pancasila yang merupakan senior Paskibraka Tahun 2022.

Selain pembinaan fisik, calon Paskibraka Surabaya 2023 juga akan mendapatkan materi nilai-nilai pengamalan Pancasila hingga kepemimpinan. Nantinya materi akan disampaikan oleh Kogartap III/Surabaya, Dandim 0831/Surabaya Timur, Kapolrestabes Surabaya dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Kepala Kejari Tanjung Perak, hingga Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI melalui zoom meeting.

“Juga akan disampaikan Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, Jejaring Panca Mandala (JPM) dan Psikolog,” pungkasnya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs