Senin, 29 April 2024

Anargya ITS Sabet Dua Penghargaan di FSAE Jepang 2023

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Tim Anargya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya saat bertanding ajang bergengsi Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Jepang 2023. Foto: Antara

Tim Anargya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menyabet dua penghargaan sekaligus dalam ajang bergengsi Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Jepang 2023.

Rafif Herdian Noor General Manager Tim Anargya ITS mengatakan Tim Anargya ITS memperoleh predikat Juara III dalam Business Plan Presentation dan Terbaik III untuk View Drawing Award melalui mobil listrik formula unggulan EV Mark 3.0.

“Kami benar-benar berusaha keras dalam memvisualisasikan segala hal mengenai business plan maupun view drawing dari mobil Anargya versi terbaru ini,” ujar Rafif dilansir Antara pada Selasa (5/9/2023).

Mahasiswa Teknik Mesin Industri ITS tersebut mengaku bahwa keberhasilan yang diraih tak luput dari inovasi Tim Anargya ITS dengan melakukan beberapa pengembangan dari mobil listrik sebelumnya.

Salah satunya adalah perubahan bahan material pada bagian badan mobil yang diubah menjadi bahan fiber carbon.

“Perubahan bahan material ini dapat mengurangi beban massa mobil mencapai 38 persen,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, inovasi juga dilakukan dengan memasukkan komponen buatan tim Anargya sendiri, termasuk baterai yang dirakit sesuai standar regulasi internasional. Baterai ini memiliki kemampuan tahan api yang menjadikannya lebih aman dalam situasi darurat.

Tim juga melengkapi mobil dengan sistem pendingin udara yang dialirkan melalui sidepod sehingga meningkatkan efisiensi dan daya tahan baterai. Tak ketinggalan, kapasitas baterai juga ditingkatkan menjadi 7,46 kilowatt-hour.

Sebagai informasi, FSAE Jepang merupakan kompetisi mobil listrik tahunan berskala internasional yang menuntut mahasiswa untuk dapat mendesain dan memproduksi sebuah mobil satu penumpang berbentuk seperti mobil balap formula.

Ajang perlombaan FSAE Japan kali ini, diikuti oleh 62 tim dari berbagai universitas kelas dunia yang berada di Tiongkok, Taiwan, Bangladesh, Thailand, Indonesia, dan tuan rumah Jepang. Untuk tahun ini, Anargya ITS menjadi satu-satunya tim yang berasal dari Indonesia. (ant/fra/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs