Kamis, 30 Mei 2024

Andre Rosiade Komisi VI DPR Sidak Tol Cikampek pada Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Andre Rosiade Anggota Komisi VI DPR RI (batik hitam) memberikan keterangan bersama Subakti Syukur Dirut PT Jasa Marga, usai meninjau arus mudik lebaran, Rabu (19/4/2023), di Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Cuti bersama menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi sudah dimulai per hari ini, Rabu (19/4/2023). Momen libur Lebaran itu dimanfaatkan banyak masyarakat untuk pulang ke kampung halaman atau mudik.

Untuk memastikan kelancaran arus mudik dan pelayanan PT Jasa Marga, Andre Rosiade Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Gerbang Tol Cikampek Utama.

Sepanjang perjalanan, terpantau kepadatan kendaraan mulai terjadi di KM 49 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Mulai di KM 50, kendaraan yang ditumpangi pemudik baik mobil pribadi mau pun bus umum mengalami ketersendatan sampai KM 54.

Lalu, di KM 55, kepadatan kendaraan mulai terurai berkat pemberlakuan sistem lawan arus (contra flow).

“Hari ini saya sidak ke Gerbang Tol Cikampek Utama melihat secara langsung arus mudik lebaran 2023 ini dan juga melihat langsung kesiapan PT. Jasa Marga selaku pengelola jalan tol ini. Tadi sempat padat tapi sekarang sudah berangsur lancar karena ada contra flow,” ujarnya.

Andre mengapresiasi langkah cepat pemerintah dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang melakukan berbagai persiapan menghadapi arus mudik Lebaran Idulfitri tahun 2023. Sehingga, tidak terjadi kemacetan parah.

“Saya apresiasi langkah cepat pemerintah, kepolisian, dan PT Jasa Marga yang telah melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idulfitri tahun 2023, demi memberi kenyamanan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berlebaran bersama keluarga di kampung halamannya,” katanya.

Andre melanjutkan, kepadatan arus lalulintas di Gerbang Tol Cikampek Utama, serta jalur sepanjang Tol Jakarta-Cikampek (Japek) terjadi karena memang puncak arus mudik terjadi pada hari Selasa (18/4/2023) dan Rabu (19/4/2023).

Maka dari itu, anggota dewan dari daerah pemilihan Sumatra Barat I tersebut ia mengimbau masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran 2023 sebaiknya melakukan perjalanan di luar hari puncak arus mudik.

“Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah mengatakan puncak arus mudik terjadi pada Selasa (18/4) dan Rabu (19/4). Karena itu kita himbau kepada masyarakat untuk menghindari waktu tersebut ketika hendak melakukan mudik,” imbuhnya.

Dalam sidak itu, Andre Rosiade disambut Subakti Syukur Direktur Utama PT.Jasa Marga, dan Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana beserta jajarannya.

Sekadar informasi, Jalan Tol Trans Jawa masih menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran Idulfitri 2023.

Merujuk hasil Survei Potensi Pergerakan Masyarakat selama masa libur Lebaran 2023 yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, jalan tol itu diprediksi bakal dilintasi sekitar 9,2 juta orang, baik menumpang kendaraan pribadi mau pun kendaraan umum.

Selama masa mudik 2023, pihak PT Jasa Marga memberlakukan rekayasa lalu lintas satu jalur (one way) di Jalan Tol Trans Jawa, mulai hari Selasa (18/04/2023) pukul 14.50 WIB.

Sistem one way diterapkan mulai dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Lisye Octaviana Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga mengatakan penerapan sistem satu arah dari arah barat menuju ke Jalan Tol Kalikangkung yang seharusnya selesai pada Selasa pukul 24.00 WIB, diperpanjang hingga Rabu siang.

“Berdasarkan diskresi kepolisian dan prediksi peningkatan lalu lintas, sistem one way masih akan dilanjutkan hingga Rabu pukul 12.00 WIB. Kalau sampai tiga jam sebelum masa perpanjangan berakhir peningkatan arus kendaraan masih signifikan, maka ada kemungkinan rekayasa lalu lintas diterapkan lagi,” ucapnya lewat rilis media.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
28o
Kurs