Rabu, 24 Juli 2024

ASDP Siapkan 222 Kapal Feri Jelang Angkutan Lebaran 2023

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kapal Feri di salah satu dermaga yang dikelola PT ASDP. Foto: ASDP

Shelvy Arifin Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengatakan pihaknya telah menyiapkan dermaga dan kapal feri untuk persiapan jelang arus mudik Lebaran tahun 2023.

“Kami menyiapkan seluruh pelabuhan yang ada, yaitu 36 pelabuhan di seluruh Indonesia, juga 222 kapal dan kami sudah menyiapkan dalam kondisi baik dan prima untuk bisa beroperasi pada saat Lebaran nanti,” kata Shelvy di Bakauheni Harbour City, Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (17/3/2023).

Menurut dia, pihaknya telah memprediksi akan ada peningkatan jumlah pembeli tiket kapal pada tahun ini.

“Untuk tiket, dari tahun lalu sampai hari ini sudah ada peningkatan, namun secara persentase untuk rinciannya sekitar 10 persen dari tahun lalu, dan juga sudah ada yang membeli meskipun masih jauh hari,” kata dia lagi, seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa ada 123 juta pemudik secara nasional menggunakan jasa penyeberangan tahun ini.

“Nah dari situ mungkin 5,5 persen atau sekitar 6,6 juta pengguna jasa itu akan menggunakan penyeberangan kami untuk tahun 2023 ini, itu untuk penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk,” ujar Shelvy.

Dia mengatakan, sampai hari ini tiket belum terlalu banyak dipesan, sehingga pihak ASDP akan terus melakukan sosialisasi terkait pembelian tiket dari jauh hari.

“Sosialisasi masih harus terus dilakukan bahwa tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, sehingga semua pengguna jasa diharapkan sudah membeli tiket sebelum masuk pelabuhan minimal satu hari sebelum tiket keberangkatan,” jelasnya.

Dia menyampaikan, karena untuk pembelian tiket Ferizy sudah bisa dilakukan dari H-60 sebelum keberangkatan.

“Untuk pembelian tiket bisa dilakukan dari jauh hari, karena kami di ASDP tidak menjual tiket di dalam pelabuhan,” pungkasnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
28o
Kurs