Sabtu, 18 Mei 2024

Awal Pekan, Cuaca Jatim Diprakirakan Hujan Deras Disertai Petir di Beberapa Wilayah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan deras disertai petir akan mengguyur beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim), hari ini, Senin (18/12/2023).

Menurut keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir terjadi pada siang hingga malam, juga Selasa (19/12/2023) dini hari di kawasan Pulau Madura.

Wilayah yang berpotensi turun hujan pada siang hingga sore hari, yakni Sidoarjo, Kota Mojokerto, Batu dan Kabupaten Pasuruan.

Adapun pada malam harinya hujan diprakirakan masih mengguyur Kabupaten Sidoarjo, kemudian Bojonegoro, Kabupaten/Kota Madiun, Sampang, dan Sumenep. Sedangkan, pada Selasa dini hari, hujan turun di wilayah Kabupaten Sampang.

Kondisi suhu udara di Jatim seharian ini berkisar 15 hingga 35 derajat celcius dengan kelembapan 45-95 persen. Angin dominan berembus dari Selatan ke Barat Daya dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Sementara di wilayah perairan, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan ada potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di beberapa wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Barat, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 16 knots (30 kilometer per jam), dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 10 knots (18 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.5 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.5-1.8 meter. (and/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs