Sabtu, 20 April 2024

Balai Besar TNBTS Segera Bahas Penetapan Kuota Wisatawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
bromo Ilustrasi - Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Foto: Pixabay

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) segera membahas penetapan kuota wisatawan ke Gunung Bromo di Jawa Timur (Jatim) pascapencabutan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Sarif Hidayat Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, dan Humas Balai Besar TNBTS kepada Antara, Sabtu (14/1/2023), mengatakan bahwa saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo masih dibatasi sebesar 75 persen dari total daya tampung.

“Saat ini masih ditetapkan kuota 75 persen. Dalam waktu dekat akan didiskusikan terkait kebijakan pencabutan PPKM tersebut (terkait kuota kunjungan wisatawan),” kata Sarif.

Dia menjelaskan, kalau pihaknya sudah melakukan kajian terkait daya dukung dan daya tampung kawasan TNBTS. Jumlah kunjungan wisatawan sudah selayaknya disesuaikan dengan daya dukung dan daya tampung kawasan.

Menurut Sarif, dalam kondisi yang ideal memang diperlukan pembatasan atau penetapan kuota jumlah kunjungan ke kawasan taman nasional tersebut, agar kelestarian kawasan tetap terjaga.

“Kondisi ideal memang menggunakan kuota, karena kami sudah melakukan kajian daya dukung dan daya tampung tentang kunjungan wisatawan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru,” katanya.

Balai Besar TNBTS sebelumnya membatasi kuota wisatawan sebesar 75 persen dari total daya tampung, atau sebanyak 2.202 orang per hari.

Penetapan kuota kunjungan wisatawan itu, terbagi pada kawasan Bukit Cinta untuk 93 orang per hari, Bukit Kedaluh 321 orang per hari, Penanjakan, 666 orang per hari, Mentigen 165 orang per hari dan Savana Teletubbies sebanyak 957 orang per hari.

Sepanjang 2022, kawasan TNBTS dikunjungi sebanyak 318 ribu wisatawan. Jumlah itu, mengalami kenaikan jika dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 138 ribu orang.

Pada periode 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo yang mencapai 318.919 wisatawan itu terbagi dari 310.418 pengunjung, yang merupakan wisatawan Nusantara dan sebanyak 8.501 merupakan wisatawan asing.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjang 2022 tersebut, ada Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp11,65 miliar. Angka tersebut juga mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya yang sebesar Rp4,85 miliar. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs