Jumat, 29 Maret 2024

Bantuan Longsor Natuna dari Mensos RI Belum Tiba Karena Terkendala Medan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial RI di Surabaya, Rabu (8/3/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) RI membeberkan penyaluran bantuan longsor ke Pulau Serasan Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau terkendala medan sehingga belum tiba.

Risma menyebut, butuh waktu sekitar 17 jam dari Natuna menuju Pulau Serasan yang jadi lokasi longsor melalui perjalanan jalur laut.

“Jadi itu di Pulau Serasan, itu jaraknya 17 jam kita pakai kapal dari Natuna. Staf saya posisi di tengah laut. Mungkin nanti malam dia akan datang, berangkatnya tadi malam 17 jam. Mungkin sekarang masih di laut dia,” kata Risma, di Surabaya, Rabu (8/3/2023).

Bantuan yang dikirim sejak bencana longsor diketahui terjadi Senin (6/3/2023), belum sampai ke Pulau Serasan, sambung Risma, imbas terkendala medan.

“Makanya kemarin tanggal 7 (Maret 2023) sudah berangkat, tapi memang kendalanya begitu. Itulah Indonesia, kita semua tahu bahwa kepulauan-kepulauan, bahkan nanti nyampe itu (kemungkinan terburuk) mungkin delapan hari,” jelasnya.

Risma menuturkan, kalau bantuan yang diberikan ke Pulau Serasan sesuai standar darurat bencana dari Kemensos.

“Aku gak punya tenaga medis. Bantuan dari mensos ada petugas-petugas kita untuk standar bantuan tanggap darurat untuk bencana,” tambahnya.

Sementara itu, Risma juga akan meninjau langsung ke lokasi melalui perjalanan udara dengan helikopter milik Polda Kalimantan Barat (Kalbar).

“Insya Allah besok saya akan berangkat dari Pontianak. Kalau dari Pontianak itu lebih dekat Pulau Serasan dibandingkan kalau kita dari Natuna. Saya nanti yang ke sana, besok saya akan jalan ke Purbalingga langsung ke bandara, langsung ke Pontianak. Besoknya pagi terbang pakai helikopter Pak Kapolda Kalbar ke Pulau Serasan,” tandasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs