Minggu, 28 April 2024

BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Melanda Jatim dan Sebagian Wilayah Indonesia Lain

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah di Indonesia, Kamis (13/4/2023) hari ini.

Melansir Antara, BMKG memprakirakan provinsi yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yakni di wilayah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta.

Kemudian, wilayah Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

Sebelumnya, BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir agar waspada akan potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan pada 12-13 April 2023.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Eko Prasetyo Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia menjadi salah satu yang menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang laut.

Ia mengemukakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat laut-timur laut dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 3-25 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Jawa, Laut Flores, perairan Pulau Sumba, perairan Kupang-Pulau Rote, dan Samudra Hindia Selatan NTT,” katanya. (ant/ihz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs