Senin, 29 April 2024

BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Melanda Jawa Timur

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memberikan informasi terkait prakiraan cuaca di wilayah Jawa Timur (Jatim) untuk hari Sabtu (18/2/2023). Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprakirakan melanda sejumlah wilayah di Jatim hari ini.

Pada pagi hari, hujan berpotensi turun di wilayah Lamongan, Tuban, Jombang, Ngawi, Kabupaten Blitar, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Sedangkan untuk siang hingga sore, prakiraan ini meluas ke wilayah Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar.

Lalu di Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Sampang, dan Sumenep.

Malam harinya prakiraan ini berlaku di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

Secara umum, pada pagi hingga malam hari, cuaca diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan untuk dini hari, diprakirakan cerah, berawan, dan berkabut.

Suhu udara hari ini diprakirakan berkisar di antara 15-33 derajat celcius, kelembapan angin sekitar 65-100 persen dan arah angin didominasi dari barat-barat Daya dengan kecepatan 5-30 km/jam.

BMKG Tanjung Perak, Surabaya, juga menginformasikan terkait prakiraan kondisi cuaca untuk wilayah Perairan Jatim. Potensi hujan dengan intensitas ringan-sedang dapat terjadi di seluruh wilayah Perairan Jatim.

Kondisi angin didominasi arah angin dari Barat Daya-Barat, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 19 knots (36 km/jam) dan Samudera Hindia Selatan Jatim 16 knots (31 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura berkisar antara 0.1-0.3 meter, Laut jawa bagian timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-3.0 meter. 

BMKG Tanjung Perak juga memberi peringatan terkait tinggi gelombang yang lebih dari 2.5 meter di Samudera Hindia Selatan Jatim.(abd/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs