Sabtu, 27 Juli 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Jatim Seharian Ini Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) berpotensi turun hujan seharian ini, Sabtu (25/11/2023).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan intensitas sedang hingga ringan disertai petir berpotensi mengguyur beberapa kabupaten/kota pada pagi sampai malam hari.

Untuk pagi hari, wilayah yang berpotensi hujan yakni Kabupaten Gresik, Tuban dan Sumenep di Pulau Madura.

Kemudian siang sampai sore hari, hujan diprediksi mengguyur wilayah Kabupaten/Kota Mojokerto, Madiun, Kediri, Malang, Probolinggo, Kabupaten Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang.

Sedangkan pada malam hari, hujan akan mengguyur Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Gresik dan Ngawi.

Suhu udara hari ini berkisar 13 hingga 37 derajat celcius dengan kelembapan mencapai 45-100 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Sementara itu di wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan kondisinya secara umum di beberapa wilayah berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Arah angin didominasi dari Tenggara ke Selatan, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 12 knots (22 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.1-0.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-1.8 meter. (bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 27 Juli 2024
26o
Kurs