Sabtu, 25 Mei 2024

BMKG: Sebagian Wilayah Jatim Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) diprakirakan kembali turun hujan pada, Sabtu (11/11/2023) hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net memparkirakan hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang sampai sore hari.

Beberapa kawasan tersebut, yakni Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Probolinggo, Jombang, Magetan, Ponorogo, dan Lumajang.

Sementara untuk Surabaya Raya (Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Gresik) untuk hari ini menurut BMKG belum ada potensi turun hujan lagi.

Suhu udara di Jatim, berkisar 14 hingga 38 derajat Celcius dengan kelembapan mencapai 40-95 persen. Angin dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Di sisi lain, untuk wilayah perairan, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan secara umum kondisi cuaca berawan, dan berpotensi hujan ringan pada sore menjelang malam hari di sebagian wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 17 knots (31 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 13 knots (24 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-0.8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.3-1.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-2.5 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs