Jumat, 26 April 2024

BPBD Lumajang Menelusuri Gunung Lemongan Cari Enam Pendaki Tersesat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tim BPBD Lumajang bersiap melakukan pencarian enam pendaki yang tersesat di Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jatim, Jumat (27/1/2023). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang kerahkan sejumlah personel untuk melakukan pencarian enam pendaki yang dilaporkan tersesat di Gunung Lemongan, Kabupaten Lumajang, Jumat (27/1/2023).

Dilansir dari Antara, Patria Dwi Hastiadi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lumajang memimpin langsung operasi pencarian enam pendaki asal Kabupaten Lumajang yang dilaporkan tersesat di jalur pendakian Gunung Lemongan.

“Kami bersama tim pendukung, menyusul tim yang sudah berangkat sejak pagi untuk melakukan pencarian awal,” kata Patria Dwi Hastiadi saat dihubungi per telepon di Lumajang.

Menurut dia, tim pendukung sudah berada di lokasi pohon signal, namun cuaca di kawasan Gunung Lemongan masih diguyur hujan, sehingga pencarian pendaki dihentikan sementara sembari menunggu tim “penyapu” yang masih di belakang dan akan melanjutkan perjalanan ke Watu Gede.

Berdasarkan data petugas Pusdalops BPBD Lumajang, disebutkan bahwa rombongan pendaki yang terdiri atas Diaz warga Tompokersan, Alfan warga Desa Purworejo, Elisa warga Desa Labruk, Chein warga Desa Kutorenon, Brian warga Jalan Suwandak, dan Miftah warga Desa Yosowilangun.

“Para pendaki itu mulai mendaki sekitar pukul 17.00 WIB dari Pos Mbah Citro menuju puncak Gunung Lemongan,” tuturnya.

Ia menjelaskan rombongan pendaki menghubungi teman yang ada di Lumajang, dan pukul 07.19 WIB menghubungi kembali bahwa rombongan masih di seputar puncak Gunung Lamongan.

“Informasi itu dilaporkan ke BPBD dan Tim Adven TRC BPBD Lumajang diberangkatkan untuk cek kebenaran informasi,” kata Nur Cahyo Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang.

Setelah mendapatkan laporan, tim segera melakukan pengecekan dan pendalaman informasi, Tim adven TRC BPBD Lumajang melakukan pencarian di titik koordinat yang telah terhubung dengan para survivor.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs