Jumat, 12 April 2024

Bupati Sidoarjo Berangkatkan 1.450 Peserta Mudik Gratis Hari Ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemberangkatan peserta mudik gratis di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, Kamis (20/4/2023). Foto: Antara

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, hari ini, Kamis (20/4/2023), memberangkatkan sebanyak 1.450 orang peserta mudik gratis menggunakan 28 bus menuju ke kampung halaman masing-masing.

Para peserta mudik gratis tersebut diantarkan ke enam daerah tujuan. Di antaranya Ponorogo, Banyuwangi, Trenggalek, Magetan, Blitar, dan Jember.

“Program mudik gratis seperti ini bentuk perhatian Pemkab Sidoarjo kepada masyarakat,” katanya di sela pemberangkatan mudik gratis dengan didampingi Usman Ketua DPRD Sidoarjo dan Letkol Inf. Masarum Djatilaksono Dandim 0816 Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Dia mengatakan, pemudik tersebut diantar gratis pulang kampung dengan aman dan nyaman tanpa harus membawa kendaraan pribadi untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

“Program mudik gratis ini bentuk perhatian Pemkab Sidoarjo kepada Warga Sidoarjo supaya dapat merayakan lebaran di kampung halamannya dengan aman dan nyaman,” ucapnya melansir Antara.

Gus Mudhlor menambahkan, mobilitas kendaraan pada momen Lebaran sangat tinggi. Sehingga, fasilitas mudik gratis seperti ini sangat penting untuk mengurangi beban lalu lintas kendaraan, serta meminimalisir angka kecelakaan.

“Selain untuk mengurangi beban di jalan karena pemakaian mobil pribadi untuk mudik yang cukup banyak, juga untuk mengurangi angka kecelakaan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, dia berpesan pada Warga Sidoarjo untuk memastikan rumahnya dalam keadaan aman saat ditinggal mudik.

Mulai dari memastikan pagar mau pun pintu rumah terkunci rapat, serta aliran listrik yang tidak terpakai dicabut. Sehingga, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Saya sampaikan agar berhati-hati saat meninggalkan rumah saat mudik, rumah dipastikan aman, aman dahulu sebelum ditinggal. Sehingga, tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia berpesan kepada pengemudi bus untuk mengantarkan pemudik dengan hati-hati. Rasa aman dan nyaman harus dirasakan warga yang ikut mudik gratis.

“Dinas Perhubungan Sidoarjo juga menempatkan petugas di masing-masing bus. Setiap bus terdapat dua petugas dari Dishub Sidoarjo untuk memastikan pelayanan mudik gratis ini berjalan baik,” sebutnya.

Dia pun titip salam kepada keluarga masing-masing pemudik serta berharap mudik lebaran seperti ini akan mempererat tali silaturahmi warga.

“Kami juga memohonkan maaf kepada semua kalau perjalanan di tahun 2022-2023 ini terdapat kesalahan yang tidak disengaja maupun disengaja dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo,” tandasnya.(ant/abd/iss/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
27o
Kurs