Minggu, 12 Mei 2024

Cegah Laka Mudik, Dosen UM Ajak Masyarakat Atasi Highway Hypnosis dan Microsleep

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi berkendara. Foto: unsplash

Memasuki waktu mudik Lebaran Idulfitri tahun 2023, Dede Nasrullah Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, mengajak masyarakat untuk mengetahui cara mengatasi highway hypnosis dan microsleep.

Ia menyebut, highway hypnosis merupakan fenomena ketika otak terhipnotis akibat keadaan yang terlalu monoton sehingga mengalami setengah sadar. Sementara microsleep yakni saat dimana hilangnya kesadaran atau perhatian, yang berlangsung sekitar sepersekian detik.

Microsleep biasanya muncul ketika seseorang merasa mengantuk, sehingga tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat. Sementara gejala highway hypnosis berupa mengantuk, kehilangan konsentrasi atau kekaburan mental, pikiran linglung, waktu terasa lambat, kelopak mata berat atau sering berkedip,” terangnya, pada Selasa (18/4/2023).

Ia menyebut, ada beberapa cara untuk menangani dua permasalahan itu dalam berkendara, yakni dengan menjaga komunikasi agar terhindar dari rasa bosan.

Kemudian menyempatkan waktu istirahat, karena menurutnya, semakin lama menghabiskan waktu di jalanan dengan kondisi monoton, dapat membuat fisik dan otak lelah.

“Minum kafein jika mengantuk saat mengemudi, kafein dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, tetapi mungkin tidak cukup untuk membuat tubuh segar sepenuhnya. Selain kafein, pengemudi bisa memakan makanan ringan atau dengan menguyah permen untuk menghilangkan kebosanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan para pemudik agar tidak makan terlalu banyak, karena berpotensi mengantuk.

“Lepaskan pandangan dan cari sesuatu yang menarik perhatian supaya tidak cepat bosan dan tetap usahakan untuk fokus,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menekankan agar menghindari alkohol, obat-obatan, atau zat-zat lain yang dapat memengaruhi kemampuan mengemudi.

“Terakhir, tidur yang cukup yakni tujuh sampai sembilan jam agar bisa menjalani aktivitas dengan pikiran dan badan yang segar,” pungkasnya.(ris/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
30o
Kurs