Rabu, 24 April 2024

Cuaca di Jatim Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Jawa Timur sampaikan informasi mengenai prakiraan cuaca wilayah Jatim pada Sabtu (28/1/2023).

Prakiraan cuaca untuk pagi hingga malam hari, diprakirakan berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Sedangkan untuk dini hari, diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan-sedang.

Suhu udara berada di 15 – 33 derajat celcius, kelembapan udara 60 – 100 persen. Sedangkan untuk kecepatan angin, dominan angin dari Barat Daya – Barat dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

BMKG Juanda juga memberikan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Pagi hari, potensi hujan berada di wilayah Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Siang hingga sore, berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Untuk malam hari, berada di wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sume

Sedangkan prakiraan cuaca untuk wilayah perairan Jawa Timur, disampaikan oleh BMKG Tanjung Perak, Surabaya. Peringatan untuk mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 2.5 meter di Samudra Hindia Selatan Jatim.

Potensi hujan ringan hingga sedang diprakirakan dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jawa Timur.

Kondisi angin didominasi angin dari Barat Daya – Barat. Kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur berada di 19 knots (35 km/jam) dan Samudra Hindia Selatan Jatim 21 knots (38 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.8 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.3-2.8 meter.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs