Sabtu, 27 April 2024

BMKG Prakirakan Cuaca Hari Ini di Darat dan Perairan Wilayah Jatim Berpotensi Hujan Lebat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan disertai petir, dan angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Jawa Timur menyampaikan prakiraan cuaca untuk wilayah Jatim pada Jumat (27/1/2023) mulai pagi hingga malam, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir.

Suhu udara sekitar 15-33 derajat celcius, kelembapan udara 60-100 persen, angin dengan dominan dari barat – barat daya dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Perlu diwaspadai peringatan dini dari BMKG Juanda. Hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat siang sampai sore hari  di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota dan kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Sedangkan pada malam hari hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprakirakan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten dan Kota Madiun, Ngawi, Magetan Ponorogo, Pacitan, Kabupaten dan Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten da Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Untuk dini hari, wilayah Pacitan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

Berikut peringatan dini cuaca di Jawa Timur:

Peringatan dini dari BMKG Juanda untuk wilayah Jawa Timur, Jumat (27/1/2023). Grafis; BMKG Juanda

Sementara itu prakiraan cuaca wilayah perairan Jatim diinformasikan oleh BMKG Tanjung Perak, Surabaya, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim.

Kondisi angin yang didominasi arah angin dari barat daya – barat, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 21 knots (39km/jam) dan Samudra Hindia Selatan Jatim 14 knots (26 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1 – 0.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5 – 1.8 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.0 – 2.5 meter, menurut prakiraan BMKG Tanjung Perak, Surabaya.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs