Minggu, 5 Mei 2024

Disnakertrans Jatim Sediakan Mudik Gratis untuk Pekerja Migran Indonesia

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Himawan Estu Bagijo Kadisnakertrans Jatim (paling kiri) waktu launching posko pengaduan THR, Kamis (6/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain membuka posko pengaduan THR, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Jawa Timur (Jatim) juga menyediakan mudik gratis bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tengah mengadu nasib di Mancanegara.

Himawan Estu Bagijo Kadisnakertrans Jatim mengatakan, pihaknya bakal bekerjasama dengan Bank Jatim untuk menyediakan layanan mudik gratis ini.

Setidaknya ada enam rute perjalanan yang disiapkan Disnakertrans, yaitu jalur Malang Raya, jalur Madura meliputi Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

Kemudian Jalur Lamongan, Tuban, Bojonegoro, selanjutnya jalur Madiun, Kediri, Blitar, lalu Ponorogo sampai Tulungagung, dan terakhir Probolinggo, Jember, Banyuwangi.

“Kami akan menyebar link google form untuk diisi para PMI terkait pendataan kuota. Kita sebarkan link itu ke sejumlah Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di luar negeri,” kata Himawan, Kamis (6/4/2023).

Sejumlah negara yang menjadi cakupan Disnaker untuk mengakomodasi PMI antara lain Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Taiwan. Mudik gratis ini dilaksanakan mulai tanggal 16-18 April 2023 mendatang.

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan mudik dilakukan dua sesi yang berbeda dalam satu hari. Sesi pertama berangkat pukul 14.00 WIB, sedangkan sesi kedua pukul 19.00 WIB.

“Bus yang disediakan masing-masing satu bus untuk satu kali keberangkatan,” kata Himawan.

Sementara itu, pihak Disnaker juga menyediakan posko terhadap PMI yang bertempat di Helpdesk & Lounge Bandara Internasional Juanda di Terminal 2. Di sana akan dibuka sejumlah fasilitas bagi para PMI ketika sampai di bandara.

“Kami layani selain pendataan kami juga ada reaksi cepat terkait dengan PMI yang yang memang los kontak dengan keluarga dan lain-lain. Kami akan membuka mulai 10 April sampai 26 April,” ucap Himawan.

Terpisah, Titis Wulandari Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jatim menyebut bahwa Helpdesk & Lounge yang ada di Juanda merupakan yang terbesar di Indonesia dengan luas 150 meter persegi.

“Tujuannya digunakan untuk temen-temen PMI sebelum berangkat bisa istirahat dulu jadi kita sediakan snack dan minuman yang bisa dinikmati. Ini juga difungsikan sebagai tempat transit untuk teman-teman yang baru datang,” ujar Titis.(wld/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs