Minggu, 28 April 2024

Disperinaker Surabaya Janji Kawal dan Tuntaskan Belasan Aduan THR Maksimal Pekan Depan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Achmad Zaini Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Surabaya. Foto: Dinas Kominfo Kota Surabaya

Belasan pekerja di Surabaya mengadu belum mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). Terkait hal ini, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Surabaya berjanji akan mengawal tuntas dan maksimal harus terbayar pekan depan.

Achmad Zaini Kepala Disperinaker Kota Surabaya mencatat, total ada 30 aduan pekerja di posko THR yang dibuka pemkot selama Ramadan-Lebaran 2023.

Total baru 16 yang terselesaikan dengan dua diantaranya kontrak pekerja habis sebelum bulan April, dan sebelum Hari Raya Idulfitri tiba.

“16 terselesaikan, dua pengaduan kontrak kerja pekerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) sudah habis sebelum bulan hari raya atau bukan lagi pegawai perusahaan yang diadukan,” beber Zaini saat dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (27/4/2023).

Sementara 14 sisanya masih dalam proses penyelesaian. Mulai para pelapor belum mendapat THR, dicicil, hingga ditunda oleh perusahaannya.

“Pengaduan masuk H-1 Lebaran, perusahaan sudah libur. Kemarin dan hari ini kami selesaikan. Ada yang penundaan, dicicil, dan proses mediasi,” tambahnya.

Sementar Disperinaker Surabaya memberi waktu maksimal hingga pekan depan, semua aduan harus dibayar tuntas oleh perusahaan.

“Dimaksimalkan (hari ini) tapi ternyata ada perusahaannya masih tutup baru buka tanggal 2 Mei. Pada intinya, teman-teman pekerja haknya diberikan,” imbuhnya.

Selain ke posko aduan milik Pemkot Surabaya, LBH Surabaya justru mencatat ada seribu lebih pekerja Surabaya melapor tak dapat THR.

Posko THR LBH Surabaya mencatat, ada 1.761 aduan pekerja di Jatim, dengan paling banyak ada di Surabaya, yaitu 1.141.

Menanggapi hal ini, Kepala Disperinaker Kota Surabaya mengaku akan koordinasi. “Kadang-kadang pekerja kontraknya sudah habis sebelum Lebaran,” tandasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs