Senin, 29 April 2024

Dokter Unair Sosialisasikan Hidup Sehat Jaga Jantung Lewat Medic Air Run

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sejumlah dokter FK Unair sampai garis finish uji coba lomba lari Medic Air Run, Kamis (1/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Ratusan dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) akan menyosialisasikan hidup sehat menjaga kesehatan jantung lewat lomba lari Medic Air Run. Event ini akan berlangsung pada Agustus 2023 mendatang.

Dokter Yan Efrata Sembiring Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskular Ketua Medic Air Run 2023 menyebut, sebagai civitas academica yang mencetak tenaga kesehatan, sudah seharusnya turut menyosialisasikan hidup sehat.

Olahraga lari dipilih karena dinilai memiliki tingkat aerobiknya paling baik untuk membakar lemak dan menguatkan jantung

“Penelitian terjauh bisa 80 persen (menguatkan jantung) dibanding olahraga lain. Lari itu kan macam-macam. Ada yang dengan kecepatan tidak terlalu kencang, tapi bisa buat jantung dan pernapasan stabil,” jelasnya pada Kamis (1/6/2023).

Idealnya, lari itu dilakukan selama lima kali dalam seminggu dengan durasi masing-masing 40 menit dan kecepatan konstan.

“Olahraga yang baik itu pada pagi hari. Kalau malam itu, orang langsung tidur. Padahal habis olahraga banyak dihasilkan asam laktat. Jika terus tidur itu bahaya,” ungkapnya.

“Padahal seharusnya habis lari tidak boleh langsung berhenti. Harus cooling. Karena sisa-sisa metabolisme tubuh bisa dikeluarkan secara sempurna,” imbuh alumnus Unair itu.

Dokter Yan menyebut, kapasitas peserta lomba lari mencapai 3.000 orang. Sekitar 30 persennya merupakan civitas academica Unair. Sisanya untuk masyarakat umum dan atlet.

Uji coba lomba lari itu dilakukan hari ini. Sebanyak 170 peserta, terdiri dari dokter Unair juga komunitas, menjajal dua jarak yang berbeda, yakni 5K dan 10K. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs