Senin, 6 Mei 2024

DPR Minta Pemerintah Siapkan Solusi Hadapi El Nino Berkepanjangan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Dokumen foto satelit El Nino yang ditandai pemanasan suhu yang tidak biasa di kawasan khatulistiwa Pasifik. Foto: repro NOAA

Anggia Erma Rini Wakil Ketua Komisi IV DPR RI meminta Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menyiapkan solusi menghadapi El Nino berkepanjangan.

Hal tersebut, menurut Anggia, agar petani tidak menurun produktivitasnya akibat cuaca panas yang berkepanjangan.

“Ini kita sudah memasuki El Nino harus ada antisipasi yang memang update kepada masyarakat, warga terutama petani, supaya tidak terlalu jatuh produktivitasnya karena nggak ada hujan. Karena perkiraan sampai Oktober nanti akan kekeringan dan ini masyarakat di lapangan sudah banyak kekeringan,” ujar Anggia dalam keterangannya, Senin (4/9/2023).

Kementan, kata dia, bisa membantu mempersiapkan pompa air untuk mengairi ladang atau sawah petani di tengah kekeringan yang terjadi.

Anggia berharap, El Nino yang berkepanjangan ini jangan sampai mempengaruhi persediaan pangan di dalam negeri.

“Harus ada, misalnya, terobosan penyediaan sumber-sumber air, harus ada itu. Kementerian Pertanian kalau misalnya dibutuhkan salah satunya di pompa air, meskipun tidak bisa ambil ke sumur, tetapi bisa mengalirkan. Itu juga menjadi salah satu pertimbangan atau afirmatif yang bisa digunakan untuk para petani,” jelas Politisi Fraksi PKB ini.

Sekadar diketahui, Indonesia saat ini sedang mengalami dampak dari El Nino. Fenomena El Nino menyebabkan berbagai wilayah di Indonesia mengalami musim kemarau lebih kering dibandingkan 3 tahun sebelumnya.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs