Minggu, 28 April 2024

DPRD: Semangat Iduladha Jadi Momen Tumbuhkan SDM Berkualitas di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya usai melaksanakan ibadah sholat Idul Adha di Masjid Al Mabruk Keputih,Kota Surabaya pada Kamis, (29/6/2023). Foto: Antara

Pimpinan DPRD Kota Surabaya menyatakan Iduladha tahun ini merupakan semangat untuk menumbuhkan generasi SDM berkualitas di Kota Pahlawan.

“Iduladha menjadi momen penuh makna bagi umat Muslim dalam rangka merayakan Hari Raya Kurban sebagai salah satu peringatan penting dalam perintah agama Islam,” kata Reni Astuti Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya sesuai dilansir dari Antara, Kamis (29/6/2023).

Iduladha, menurut Reni, memberi pelajaran yang sangat berharga dan nilai penting bagi setiap orang dengan lebih memaknai kembali kisah Nabi Ibrahim.

“Hikmah yang terkandung dalam kisah keluarga Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail adalah kesalehan dan keteladanan melalui keimanan yang kuat, kesabaran yang tinggi, serta ketaatan yang tulus kepada Allah,” tuturnya.

Adapun pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim, yaitu merelakan putranya sendiri, Nabi Ismail sebagai sembelih kurban dalam memenuhi perintah dari Allah SWT.

“Kepercayaan dan kepatuhan Nabi Ibrahim kepada Allah adalah contoh inspiratif mengajarkan pentingnya tunduk dan mematuhi perintah Allah dalam segala aspek kehidupan,” ungkapnya.

Sementara itu, Nabi Ismail juga menjadi panutan bagi tumbuhnya generasi SDM berkualitas yang taat dan patuh.

Reni berpendapat bahwa Nabi Ismail adalah contoh yang baik dalam ketaatan, disiplin, dan tekun dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Keikhlasan menerima perintah menjadi kurban bukti kepatuhan dan keteguhan hati yang luar biasa.

“Kita dapat meneladani sikap dan kualitas kepribadian Nabi Ismail dalam mengembangkan generasi muda yang memiliki keteguhan iman dan semangat dalam mencapai tujuan hidup (ibadah),” kata Reni.

Pentingnya kepatuhan kepada Sang Pencipta, sambung Reni, juga terlihat melalui kepatuhan kepada orang tua, karena Iduladha mengingatkan juga akan kewajiban untuk menghormati, mendengarkan dan mematuhi orang tua.

Terakhir, Reni ikut menyampaikan bahwa Hari Raya Kurban juga menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kepedulian kita kepada sesama melalui berbagi daging kurban.

“Berbagi daging kurban tidak hanya sekadar memenuhi kewajiban agama, tetapi aksi nyata dari sikap kepedulian dan kebaikan sosial,” ucapnya.

“Semangat berbagi, kita turut mengamalkan nilai-nilai empati, solidaritas, dan kasih sayang kepada mereka yang membutuhkan. Selamat Hari Raya Iduladha 1444 H,” tutup Reni. (ant/bnt/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs