Jumat, 3 Mei 2024

Jokowi Laksanakan Salat Iduladha di Istana Yogyakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kamis (29/6/2023). Foto : Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Joko Widodo Ibu Negara melaksanakan salat Iduladha 1444 Hijriah di halaman Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Kamis (29/6/2023) pagi.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih, sarung hitam-putih, dan kopiah hitam. menempati saf paling depan. Ia duduk di samping Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang juga ipar Presiden.

Salat Id tersebut juga diikuti ratusan warga masyarakat sekitar yang sangat antusias untuk salat bareng RI 1.

Tepat pukul 06.30 WIB, Salat Iduladha yang dipimpin Jauhar Mustofa Kepala Bidang Urusan Agama Islam di Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Kementerian Agama dimulai.

Selesai salat, Jauhar Mustofa yang juga bertindak sebagai khatib menyampaikan khotbah bertema “Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS”.

Dalam khotbahnya, khatib mengajak seluruh jemaah meneladani sikap tawakal, tawadu, dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail
AS untuk berkurban.

“Kita wajib memenuhi perintah Allah SWT untuk selalu bersyukur, menegakkan salat dan berkurban. Maka itu, sudah seharusnya momentum Hari Raya Iduladha kita syukuri dengan mengagungkan asma Allah, bertakbir, bertahmid, bertasbih dan bertahlil,” ujarnya.

Khatib juga menyampaikan hikmah dari disyariatkannya Iduladha dan berkurban yang diambil dari kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

Hikmah tersebut antara lain menjaga totalitas dalam beribadah, menjalankan dan menaati perintah Allah SWT dan Rasul-Nya, menambah keimanan dan ketakwaan, hingga berbagi dengan kaum duafa.

“Harta yang kita miliki hanyalah titipan dan amanah dari-Nya, yang harus dijaga, dikelola, dimanfaatkan, dan ditunaikan dengan sebaik-baiknya bagi kemaslahatan umat Islam,” tandasnya.

Pada Iduladha tahun ini, Jokowi juga menyerahkan 38 ekor sapi ke 38 provinsi dengan bobot bervariasi, antara 900 kilogram hingga 1,2 ton.  (rid/saf/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs