Selasa, 30 April 2024

Dua Bus Rombongan Haji Pamekasan Kecelakaan di Bangkalan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar bus pengangkut rombongan calon haji asal Pamekasan yang mengalami kecelakaan di Bangkalan, Madura, Jatim, Rabu (24/5/2023). Foto: Antara/ Kemenag Pamekasan

Bus pengangkut rombongan jemaah calon haji asal Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada Rabu (24/5/2023), mengalami kecelakaan di Jalan Raya Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan.

Menurut Abdul Halim Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan, dua bus rombongan jamaah calon haji yang mengalami kecelakaan tersebut dengan nomor rombongan lima dan enam.

“Penyebabnya karena sopir bus ngerem mendadak, sehingga ditabrak oleh bus yang ada di belakangnya,” kata Halim dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media di Pamekasan, Rabu sore dikutip Antara.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Semua jamaah calon haji yang ada di dua bus tersebut selamat. “Hanya bus mengalami pecah kaca dan bagian depan penyok,” katanya.

Akibat kejadian itu, semua penumpang di dua bus tersebut dialihkan ke bus yang mengangkut rombongan untuk kelompok terbang (kloter) empat, yang baru balik mengantarkan rombongan jemaah haji dari Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Menurut Halim, jamaah calon haji asal Pamekasan yang ada dalam rombongan bus nomor lima dan enam itu tergabung dalam kloter enam.

“Karena bus pengangkut rombongan kloter empat sudah lebih dahulu tiba di Surabaya, maka kami minta agar kembali lagi untuk mengangkut jamaah yang busnya terlibat kecelakaan tersebut,” katanya, menjelaskan.

Kabupaten Pamekasan tahun ini mendapat kuota 1.445 untuk penyelenggaraan ibadah haji reguler tahun 2023.

Menurut Abdul Halim, total dari jumlah itu terdiri atas 582 calon jemaah haji lunas tunda, 490 sesuai urutan porsi, 294 prioritas lansia, dan cadangan sebanyak 79 orang. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs