Selasa, 7 Mei 2024

Dua Kapal Pemburu Ranjau Buatan Jerman Resmi Perkuat Koarmada II

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 saat diresmikan di Dermaga Madura Ujung Koarmada II, Senin (14/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Laksamana TNI Muhammad Ali Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) meresmikan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) serta mengukuhkan komandan KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732, di Dermaga Madura Ujung Koarmada II, Senin (14/8/2022).

Dua kapal yang diresmikan tersebut, merupakan kapal pemburu ranjau yang dibuat di galangan Abeking dan Rasmussen, Lam Werder-Bremen, Jerman.

“Kapal jenis buru ranjau ini dibangun selama tiga tahun, tepat waktu dan langsung dibawa perjalanan dengan kapal dok dan sekarang sudah berada di sini,” ucapnya sesuai peresmian kapal.

Peresmian KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 di Dermaga Madura Ujung Koarmada II, Senin (14/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dua kapal pemburu ranjau tersebut sudah siap dioperasikan dan memperkuat satuan kapal ranjau Koarmada II.

Dalam kesempatan itu, KSAL mengungkapkan kapal pemburu ranjau itu juga memiliki beberapa kelebihan dibanding kapal sejenis yang dimiliki sebelumnya.

“Karena kapal ini dibuat dengan metal baja nonmagnetik, jadi ini hal baru sehingga dia diharapkan mampu menghadapi ranjau-ranjau magnetik, selain itu kapal ini juga dilengkapi dengan beberapa peralatan sensor dan alat elektronik yang lebih canggih dibandingkan dengan KRI buru ranjau sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu, ia menyebut, kapal perang baru tersebut juga memiliki kemampuan yang bagus dalam mempertahankan posisi, serta bisa membawa bahan peledak yang digunakan untuk menetralisir ranjau, baik magnetik, akustik maupun kombinasi.

Dengan adanya kapal baru tersebut, pihaknya berharap dapat memperkuat pertahanan di sektor perairan Indonesia.

“Dan nanti kalau kita membeli atau membangun lagi pemburu ranjau, harapannya juga bisa kita buat di dalam negeri, atau ada kerja sama antara pihak galangan asing dengan PT. PAL Indonesia,” pungkasnya. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs