Minggu, 19 Mei 2024

Evakuasi Tahap Kedua, 363 WNI Berhasil Dipulangkan dari Sudan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Penyintas konflik Sudan asal Lumajang, Jawa Timur, menggendong putranya saat tiba di Asrama Haji, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (30/4/2023). Foto: Antara

Sebanyak 363 warga negara Indonesia (WNI) hasil dari evakuasi tahap kedua dari Sudan, telah tiba di tanah air dengan pesawat Garuda Indonesia GA 991, Sabtu (29/4/2023).

“Pemerintah bergerak cepat untuk memulangkan warga negara Indonesia secara bertahap dari Sudan,” menurut pernyataan di situs Kementerian Luar Negeri RI.

Sebelumnya, Indonesia berhasil memulangkan 385 WNI pada Jumat (28/4/2023) lalu, sehingga total jumlah WNI yang sudah dievakuasi dari negara yang dilanda konflik itu mencapai 748 orang.

Melansir Antara, selain WNI, pemerintah Indonesia juga membantu mengevakuasi sejumlah warga asing.

Menurut Kemlu, WNI yang baru tiba sementara akan diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk mendapat penanganan lebih lanjut dari kementerian/lembaga terkait sebelum dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Konflik bersenjata yang melibatkan militer Sudan dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) telah berlangsung sejak 15 April 2023 lalu. Situasi yang mengancam kondisi keamanan di Sudan itu membuat Kedutaan Besar RI di Khartoum menetapkan status Siaga II sehari setelah meletusnya konflik.

Berdasarkan eskalasi konflik yang terjadi, KBRI Khartoum kemudian menetapkan status Siaga I pada 20 April.(ant/ihz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs