Sabtu, 27 April 2024

Fly Over Aloha Ditargetkan Bisa Digunakan Masyarakat pada Akhir Tahun 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Proses pengerjaan fly over Aloha Sidoarjo, Jumat (25/8/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

I Made Gede Widhiyasa petugas PPK 3.4 Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim (Surabaya-Waru-Sidoarjo) menyatakan, pembangunan Fly Over (FO) Aloha ditargetkan mencapai 90 persen pada akhir tahun 2023 dan sudah bisa digunakan.

“Kita targetnya memang diharapkan bisa fungsional di akhir 2023. Dalam hal kewenangan untuk pembukaan atau boleh beroperasi, bahwa kita nanti akan berkoordinasi dengan forum lalu lintas,” ucapnya saat berada di lokasi pembangunan Fly Over Aloha Sidoarjo, Jumat (25/8/2023).

Sebelum dipastikan bisa digunakan, kata dia, fly over tersebut akan terlebih dahulu dilakukan uji layak fungsi untuk memastikan keamanan pengendara dan bangunan layang itu.

Fly Over Aloha dalam tahap pembangunan, Jumat (25/8/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

“Kalau memang sudah dirasa jalan FO A dan B bisa fungsional, maka akan dibuka untuk lalu lintas, tetapi jika nantinya memang dirasa belum bisa untuk dibuka atau beroperasi maka tidak akan dibuka dulu. Tapi kita ditarget bangunan utama FO A dan B itu, termasuk aspal di atasnya dan perlengkapan jalan sudah bisa selesai di akhir tahun 2023,” jelasnya.

Target pembangunan tersebut, lanjut dia, merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memberikan layanan askes jalan untuk mengatasi kemacetan di wilayah Aloha.

Apalagi menurutnya, akhir tahun merupakan waktu yang berpotensi jalanan bertambah padat, karena adanya libur panjang natal dan tahun baru.

“Oleh karena itu, diharapkan akhir tahun waktu Natal itu bisa fungsional. Target pelaksanaan percepatan 90 persen itu nanti, bangunan utama dan juga pekerjaan mayor sudah terselesaikan. Nanti untuk kontrak sendiri, target 100 persennya April 2024,” tuturnya.

Untuk menuju tahap fungsional nanti, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat, Dinas Perhubungan, Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Provinsi.

Sementara saat ini, ia mengatakan, pengerjaan pembangunan fly over itu sedang fokus pada tahap konstruksi, terutama pemasangan erection girder, yang akan mulai dilakukan pada 27-29 Agustus mendatang.

Selama proses pengerjaan, pihaknya mengaku berjalan dengan lancar, karena selain terbangunnya koordinasi, juga didukung oleh cuaca yang bagus untuk mengerjakan pembangunan fly over tersebut.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
33o
Kurs