Sabtu, 27 April 2024

Gus Muhdlor Hentikan Proses Hukum Pendemo yang Tebar Sampah di Pendopo Sidoarjo

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo menemui pendemo yang menebar sampah di depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Selasa (26/12/2023). Foto: Diskominfo Sidoarjo

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo memutuskan untuk menghentikan proses hukum sekaligus memaafkan pendemo yang menebar sampah di depan pendopo pada Rabu (20/12/2023) lalu.

“Perkara hukum terkait pekerja kebersihan yang kemarin melakukan hal-hal yang tidak terpuji itu semua kami hentikan dan kami maafkan,” ucap Gus Muhdlor sapaan akrab Ahmad Muhdlor Ali dalam keterangan resminya.

Hal itu setelah Gus Muhdlor menemui pendemo di kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo di Jalan Desa Siwalanpanji, Buduran. Selasa (26/12/2023).

Pendemo tergabung dalam Gabungan pekerja kebersihan seluruh Indonesia (Gapeksi), didampingi Bahrul Amig Kepala DLHK Sidoarjo, meminta maaf ke Gus Muhdlor.

Mereka mengakui bahwa demo dengan menebar sampah adalah tidak terpuji dan tidak sepatutnya dilakukan.

“Menyampaikan aspirasi boleh, tetapi harus dilakukan dengan cara-cara yang baik, dengan cara-cara yang sopan,” ucap Gus Mudhlor.

Sementara itu, Mansyur Sholeh pengelola TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse-Reduce-Recycle) Desa Prasung menyadari aksi tebar sampah kemarin adalah hal yang salah.

Mansyur menyebut aksi itu spontan datang dari para pekerja kebersihan saat berdemo. Setelah itu mereka menyesal. Secara spontan pula ia ingin segera meminta maaf kepada pemerintah daerah atas aksi tersebut.

“Semua mengakui aksi kemarin adalah salah, permohonan dari maaf kami tidak ada tekanan dari siapapun, semua ikhlas dari lubuk hati yang dalam,” ucapnya.

Sebelum pertemuan ini terjadi, Satpol PP Sidoarjo melakukan langkah hukum terhadap oknum yang membuang sampah ketika berdemo di depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo pada Rabu (21/12/2023) kemarin.

Satpol PP telah mengumpulkan bukti-bukti di lapangan. Mulai dari foto hingga video saat aksi demo berlangsung. Termasuk sosok yang memprovokasi untuk membuang sampah ketika demo berlangsung.

Sebelumnya, sekitar 200 orang yang tergabung dalam aliansi Gerakan Pekerja Kebersihan Seluruh Indonesia (Gapeksi) berunjuk rasa di depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo, pada Rabu pagi.

Aksi demo ini diwarnai dengan menumpahkan sampah di depan Pendopo. Sebab pendemo kecewa lantaran tidak ditemui perwakilan Pemkab Sidoarjo. (saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs