Kamis, 29 Februari 2024

Hari Kedua Lebaran, 40 Ribuan Pemudik Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana di stasiun Pasar Senen saat mudik lebaran 2023. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Volume pengguna jasa yang berangkat di momen lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih mengalami peningkatan yang tinggi di hari kedua lebaran (H+2).

Eva Chairunisa Kepala Humas (Kahumas) KAI Daop 1 dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, mengatakan, dari pantauan pada Minggu (23/4/2023), volume penumpang masih di atas 90 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Terdapat sekitar 23.700 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi. Sementara, untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 16.700, dengan layanan 38 KA beroperasi.

“Secara total, okupansi keterisian tempat duduk dari pemberangkatan KA di area Daop 1 Jakarta untuk H2 lebaran mencapai 98 persen,” terang Eva Chairunisa.

Utuk jadwal keberangkatan 12 April sampai 23 April (H-10 sampai dengan H+2), tercatat sekitar 445 ribu pengguna jasa berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen di area Daop 1 Jakarta pada momen lebaran.

“Puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi pada tanggal 18 sampai dengan 22 April 2023,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan data Minggu hari ini, sekitar 617 ribu tiket untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen telah terjual.

Dari jumlah tersebut, lanjut Chairunisa, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 sampai dengan 23 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi tercatat pada tanggal 18, 19, 20,21 dan 22 April 2023 di mana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk mencapai 100 persen.

“Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung,” paparnya.

Sementara terkait momen arus balik, Chairunisa menjelaskan hingga kini belum terdapat kenaikan angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta. Secara total, pada Minggu hari ini terdapat 23 ribu pengguna yang tiba.

“Jumlah tersebut masih terhitung normal untuk volume penumlang turun pada saat akhir pekan normal,” pungkasnya.(bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Kamis, 29 Februari 2024
30o
Kurs