Senin, 6 Mei 2024

Hari Pertama UTBK di Unesa Berjalan Lancar, Peserta Asal Kalimantan Hampir Gagal Ikut Ujian 

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Suasana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) hari pertama, Senin (8/5/2023). Foto: Humas Unesa

Sebanyak 1.740 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk hari pertama sesi satu dan dua, Senin (8/5/2023).

“Harusnya 1.820 peserta yang ikut tes, tetapi yang tidak hadir tanpa keterangan sampai sesi dua berjalan yaitu sebanyak 80 peserta. Faktornya banyak, bisa jadi sengaja tidak ikut, atau kendala perjalanan dan sebagainya. Yang jelas mereka tidak terkonfirmasi,” ucap Dr. Sukarmin, M.Pd Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa.

Sukarmin juga menyampaikan, bahwa proses UTBK hari pertama berjalan lancar tanpa kendala. Semua sudah sesuai dengan skema yang diharapkan.

Dibalik lancarnya hari pertama UTBK, peserta asal Berau, Kalimantan Timur, Adelia Putri sempat alami kendala yang membuatnya hampir gagal mengikuti ujian.

Adelia rela menempuh perjalanan lintas pulau untuk mengikuti UTBK di Unesa. Tetapi dalam perjalanannya menuju ke Surabaya, dirinya sempat mengalami kendala karena surat keterangan lulus yang dibuatkan sekolahnya, SMA Negeri 1 Berau keliru dalam penulisan nama.

Itu baru dia sadari ketika dia sudah sampai di Bandara Internasional Kalimarau Berau.

“Ternyata nama saya itu salah. Langsung saja, kakak saya yang antar di bandara putar balik ke sekolah untuk membuatkan ulang surat keterangan lulus itu. Hampir deg-degan takut tidak dapat pesawat. Akhirnya, kakak saya tiba di bandara sebelum waktu check in tutup dan sampai ke Surabaya,”  jelas Adelia.

Adelia mengatakan, bahwa tesnya berjalan lancar. Dirinya berharap hasilnya bisa memuaskan dan mampu mengantarkannya menjadi mahasiswa.

Dalam keterangan resmi Unesa, UTBK hari pertama ini, diikuti oleh 26 peserta yang berasal dari luar pulau Jawa, di antaranya yakni Kalimantan Timur, Maluku, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Sumatra Utara, hingga Papua.(abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs