Sabtu, 27 April 2024

Indonesia Tawarkan Kerja Sama Tangani Zoonosis dengan Kampus Jepang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Delegasi KBRI Tokyo melakukan kunjungan ke Hokkaido University, Jepang, Senin (19/6/2023). Foto: Antara/ KBRI Tokyo

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kementerian Pertanian (Kementan) menawarkan kerja sama dengan Hokkaido University di Jepang untuk meningkatkan pemahaman dan penanganan zoonosis.

Hal tersebut disampaikan John Tjahjanto Boestami Wakil Dubes RI di Tokyo dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (22/6/2023).

“Kami menawarkan kerja sama pemetaan zoonosis di Indonesia, mengingat potensi bahaya zoonosis yang dapat menjadi pandemi di masa depan dan kemajuan riset di bidang zoonosis di Hokkaido University ini patut dijadikan rujukan bagi Indonesia,” kata Boestami seperti dilansir Antara.

Sekadar diketahui, Zoonosis adalah penyakit yang ditularkan dari hewan kepada manusia, di mana patogen yang ditularkan bisa berupa bakteri, virus, parasit, dan jamur.

“Saya berharap melalui kerja sama ini dapat dibangun sistem pemantauan dan deteksi dini yang efektif serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia dalam bidang kesehatan,” kata Boestami.

Boestami mengunjungi Hokkaido University sebagai bagian dari Hari Persahabatan Indonesia–Jepang (IJFD) di Kota Hokkaido di Prefektur Sapporo dari 18 sampai 20 Juni dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Kegiatan IJFD ini dimulai Minggu pekan lalu dengan layanan terpadu kekonsuleran, acara temu masyarakat, dan sosialisasi layanan warga negara asing (WNA) di Hokkaido dari Sapporo International Communication Plaza.

Hadir pula dalam acara ini Yusli Wardiatno Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Muharram Hidayat Atase Pertanian KBRI Tokyo, dan Idha Widi Arsanti Kepala Pusat Pendidikan Pertanian dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian.

Mereka disambut oleh Ayato Takada Direktur International Institute for Zoonosis Control, Michihito Sasaki Kepala Divisi Patologi Molekular, dan Hirofumi Sawa Direktur Institute for Vaccine Research and Development (HU-IVReD).

Dalam kesempatan itu, Hirofumi Sawa memaparkan hasil riset Fakultas Kedokteran Hewan pada Institut Pertanian Bogor (IPB) tentang berbagai jenis virus yang ditemukan pada beberapa jenis hewan di Indonesia.

Boestami dan rombongan juga berkesempatan meninjau fasilitas laboratorium canggih di Hokkaido University. (ant/bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs