Jumat, 19 April 2024

Israel Batasi Warga Palestina untuk Masuk Al-Aqsa Selama Bulan Ramadan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Masjid Al-Aqsa. Foto: Unsplash

Pemerintah Israel mengumumkan akan melakukan sejumlah pembatasan kepada warga Palestina yang ingin memasuki Masjid Al-Aqsa selama bulan suci Ramadan.

“Perempuan dari semua usia, anak laki-laki sampai usia 12 tahun, dan laki-laki di atas 55 tahun diperbolehkan memasuki Masjid Al-Aqsa selama Ramadan tanpa harus izin,” kata Mayjen Ghassan Alyan Koordinator Kegiatan Pemerintah Israel di Wilayah, dalam sebuah pernyataan, Senin (20/3/2023).

Sementara itu, laki-laki yang berusia 45 sampai 55 tahun harus terlebih dulu mendapatkan izin dari otoritas Israel untuk memasuki Al-Aqsa.

Ia menambahkan, bahwa izin keamanan juga diperlukan bagi warga Palestina di Tepi Barat yang ingin mengunjungi anggota keluarga mereka di 48 wilayah. Peraturan tersebut juga berlaku bagi warga negara asing yang akan menyambangi kerabat mereka di Tepi Barat.

Dilaporkan Antara, Alyan menekankan bahwa jam operasi di berbagai penyeberangan Tepi Barat juga akan ditingkatkan selama bulan Ramadan.

Dalam pernyataan tersebut juga dijelaskan bahwa Israel memberlakukan kuota terbatas kepada para pengunjung perempuan berusia 50 tahun ke atas dan pria berusia 55 tahun ke atas untuk memasuki Masjid Al-Aqsa.

Ketegangan di Tepi Barat yang diduduki terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir di tengah serangan berulang militer Israel ke kota-kota Palestina.

Tercatat hampir 90 warga Palestina meninggal dunia akibat tembakan Israel sejak awal tahun ini. Sebanyak 14 warga Israel juga tewas dalam serangan terpisah selama periode yang sama.(ant/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs