Kamis, 9 Mei 2024

Israel Jatuhkan 6.000 Bom di Gaza dalam Enam Hari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Warga Palestina duduk di antara puing-puing bangunan tempat tinggal yang rusak selepas serangan Israel di Kota Gaza pada 10 Oktober 2023. Foto: Reuters

Angkatan Udara Israel (IAF) mengklaim mereka telah menjatuhkan sekitar 6.000 bom di Gaza sejak perang Israel dan Hamas pecah pada Sabtu (7/10/2023) lalu.

Dilansir dari Antara pada Jumat (13/10/2023), jumlah tersebut hampir menyamai jumlah bom yang digunakan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan dalam satu tahun.

“Dalam waktu kurang dari sepekan, Israel telah menjatuhkan apa yang dijatuhkan AS selama setahun di Afghanistan, ke wilayah yang jauh lebih kecil, area yang jauh lebih padat penduduk. Adanya kesalahan akan menimbulkan konsekuensi yang luar biasa,” ujar Marc Garlasco penasihat militer di organisasi Belanda PAX for Peace.

Garlasco mengutip catatan dari Komando Pusat Angkatan Udara AS, bahwa jumlah bom terbanyak yang dijatuhkan dalam setahun untuk perang di Afghanistan hanya sekitar 7.423.

Menurut PBB, selama perang di Libya, NATO melaporkan menjatuhkan lebih dari 7.600 bom dan rudal dari pesawat, harian tersebut melaporkan.

Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza, yang sedang dikepung oleh militer, telah meningkat menjadi 1.537 orang. Korban-korban tewas termasuk 500 anak-anak dan 276 wanita, serta 6.612 orang luka-luka.

Sebelumnya, IAF mengatakan dalam media sosial X bahwa puluhan jet tempur dan helikopter telah dikerahkan untuk menargetkan para Hamas di seluruh Jalur Gaza.

“Sejauh ini, IAF telah menjatuhkan sekitar 6.000 bom terhadap Hamas,” ujar IAF. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs