Senin, 29 April 2024

ITS Surabaya Resmikan Motor Listrik Evits Ramah Lingkungan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Mochamad Ashari (kiri) Rektor ITS Surabaya saat mengendarai sepeda motor listrik Evits TS-1. Foto: Humas ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui kolaborasi PT ITS Tekno Sains dengan PT Panggung Electric Citrabuana resmi memproduksi sepeda motor listrik bernama Evits.

Mochamad Ashari Rektor ITS mengatakan bahwa kerja sama tersebut penting. Sebab perguruan tinggi juga perlu untuk mengimplementasikan karya inovasinya menjadi produk komersial dan dapat memberikan nilai ekonomi bagi seluruh pihak, termasuk masyarakat.

“Kualitas dari PT Panggung Electric Citrabuana sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan sudah terbukti sejak saya berkuliah dahulu,” katanya dalam keterangan yang diterima pada Senin (25/12/2023).

Ashari mengatakan, keberhasilan membuat motor listrik itu juga merupakan bukti dari komitmen untuk memberi solusi energi yang bersih dan ramah lingkungan.

Sementara itu, I Ketut Gunarta Direktur PT ITS Tekno Sains mengatakan, untuk mencapai hasil tersebut, dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Yakni, melalui para penelitinya melakukan berbagai tahapan riset yang memakan waktu hingga hampir satu tahun agar sepeda motor listrik itu mampu menjawab berbagai kebutuhan konsumen.

Dari berbagai proses itu, lahirlah generasi pertama Evits, yaitu Evits TS-1 yang merupakan sepeda motor listrik yang dilengkapi dengan desain yang ergonomis dan kemampuan akselerasi yang baik.

Sehingga memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Selain itu, juga sudah dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan hingga 60 kilometer.

Saat ini, PT ITS Tekno Sains juga sedang mengembangkan tiga tipe motor listrik lainnya, yang mana, ketigan tipe motor listrik itu sudah memasuki tahap pengembangan awal. “Ketiganya direncanakan akan launching pada 2024 nanti,” tutupnya. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs