Jumat, 26 April 2024

Jasa Marga Terapkan ATIS untuk Penuhi Kebutuhan Informasi Terkini Lalu Lintas Jalan Tol

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Layanan One Call Center Jasa Marga 14080. Foto: Jasa Marga

PT Jasa Marga (Persero) menerapkan teknologi Advanced Traveler Information System (ATIS) untuk memenuhi kebutuhan informasi terkait dinamisnya perubahan kondisi lalu lintas (lalin) di jalan tol yang terjadi dalam waktu cepat.

Lisye Octaviana Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga menjelaskan, dengan adanya teknologi ATIS, pengguna jalan akan mendapatkan informasi secara akurat dan real time baik sebelum maupun saat melakukan perjalanan.

Penerapan ATIS sendiri, dimulai dari proses input data dari berbagai sumber data yang dimiliki oleh Jasa Marga seperti alat Traffic Counting berbasis microwave (radar), CCTV, laporan sentra komunikasi regional, laporan petugas Jasa Marga, dan Kepolisian di lapangan hingga laporan pengguna jalan.

“Semua informasi tersebut kemudian diolah oleh Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) menggunakan Jasamarga Integrated Digitalmap (JID), dan akan menjadi informasi yang diteruskan ke pengguna jalan melalui aplikasi Travoy, layanan One Call Center Jasa Marga 14080 untuk meminta bantuan atau menanyakan informasi secara dua arah, serta seluruh Dynamic Message Sign (DMS) yang tersebar di seluruh jalan tol,” ujar Lisye.

Dalam keterangan resmi Jasa Marga, Kamis (11/5/2023), penerapan ATIS diintegrasikan dalam Mobile Application Travoy yang menyediakan informasi lalin secara real time tidak hanya dari pantauan CCTV, tetapi juga memberikan informasi melalui event lalu lintas dengan dilengkapi push notification sehingga otomatis diterima tanpa membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu, imbuh Lisye.

“Saat ini pengguna jalan juga dapat menggunakan fitur Chat Us yang akan diarahkan ke layanan pesan Whatsapp berbasis AI yang terintegrasi dengan informasi lalu lintas JID,” tambahnya.

Ia menjelaskan, ATIS juga diterapkan di DMS yang kini mampu otomatisasi informasi terkait jalan tol diantaranya informasi Estimated Time Arrival (ETA) dan informasi kepadatan rest area melalui Rest Area Management System (RAMS).

ATIS juga mampu digunakan untuk memberikan rincian informasi lalin jika pengguna jalan meminta melalui Live Agent Call Center 14080. Informasi akan terlihat pada JID dan akan diinformasikan langsung oleh Live Agent Call Center 14080 kepada pengguna jalan.

“Pada periode H-8 sampai dengan H+8 pelayanan arus mudik dan balik Hari Raya Idulfitri 1444 H, kami mencatat sebanyak 30.659 pengguna jalan menelepon 14080 dengan mayoritas 63,3% merupakan pelayanan permintaan informasi. Tidak hanya itu, kami juga mencatat di periode yang sama jumlah user yang mengunduh aplikasi Travoy meningkat hingga 45.367 orang, meningkat 755,82% dibandingkan rata-rata periode normal. Hal ini semakin memperkuat bahwa enhancement teknologi di industri jalan tol, salah satunya ATIS, merupakan kebutuhan utama pengguna jalan,” imbuh Lisye.(abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs