Minggu, 12 Mei 2024

Jemaah di Tanah Suci Diimbau Fokus Ibadah, Jangan Sibuk Belanja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sutarmidji Gubernur Kalimantan Barat didampingi Harisson Sekretaris Daerah Kalimantan Barat melepas keberangkatan jemaah calon haji menuju Embarkasi Batam. Foto: Antara

Sutarmidji Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), mengimbau seluruh jemaah calon haji asal Kalbar agar tidak sibuk berbelanja dan hanya fokus beribadah di Tanah Suci.

“Semuanya fokus pada ibadah, karena langsung ke Mekkah, (agar) petugas lebih mudah. Kalau dari Madinah nanti banyak jemaah yang sibuk belanja dulu. Nanti kalau mau belanja waktu pulang saja, perbanyak ibadah di Masjidil Haram,” kata Sutarmidji, Rabu (14/6/2023), dilansir Antara.

Gubernur Kalbar itu juga meminta para jemaah untuk taat dan patuh pada aturan yang sudah ditetapkan panitia pendamping haji agar tetap aman, mengingat jumlah jemaah calon haji dari seluruh dunia yang cukup besar.

“Harus banyak bersabar, ikuti aturan panitia dan pembimbing serta jangan lakukan hal-hal aneh. Jaga kesehatan, jalin komunikasi yang baik satu dengan yang lainnya, dan untuk petugas haji juga harus cekatan,” imbuhnya.

Terkait suhu di Arab Saudi saat ini yang cukup panas, ia juga mengingatkan para jemaah calon haji senantiasa menjaga kondisi tubuh serta mengatur waktu yang tepat dalam pelaksanaan ibadah.

Sementara itu, Muhajirin Yanis Kepala Kanwil Kemenag Kalbar menuturkan jumlah keberangkatan jemaah calon haji Kalbar tahun ini mencapai 2.568 orang, yang terdiri dari seluruh kabupaten/kota di provinsi itu.

“Jemaah paling tua berusia 97 tahun dan yang paling muda 18 tahun. Untuk yang menggunakan kursi roda 66 orang. Keberangkatan hari ini Kloter 25 sebanyak dua flight. Total ada 8 kloter dengan embarkasi ke Batam,” jelasnya. (ant/bnt/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 12 Mei 2024
26o
Kurs