Minggu, 28 April 2024

Jemaah Haji Diimbau Tidak Selfie Berlebihan di Masjidil Haram

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Jemaah haji di Makkah, Arab Saudi. Foto: Antara

Jemaah haji Indonesia diimbau untuk tidak melakukan swafoto (selfie) berlebihan di Masjidil Haram, khususnya di depan Kabah. Terlebih dengan menggunakan perangkat foto profesional.

Imbauan ini disampaikan Dodo Murtado Koordinator Media Center Haji Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat dalam keterangan resminya pada Selasa (20/6/2023).

“Jemaah agar tidak berlebihan selfie di Masjidil Haram. Jemaah perlu mengindahkan ketentuan-ketentuan otoritas pemerintah Arab Saudi khususnya di Masjidil Haram agar tidak berurusan dengan aparat keamanan yang bertugas di Masjidil Haram,” imbau Dodo dilansir laman resmi Kementerian Agama (Kemenag).

Selain imbauan selfie itu, Dodo juga mengungkapkan bahwa jemaah haji mendapatkan sejumlah menu siap saji. Seperti mangut lele, rendang ayam, rendang daging, semur, dan gulai ikan. Selain itu, ada juga sajian bubur kacang hijau, kacang merah, serta ketan hitam.

“Sajian menu nusantara yang akan dihidangkan kepada jemaah haji Indonesia ketika puncak haji itu, disiapkan oleh Masyariq atau Muassasah. Untuk memastikan cita rasa dan kualitas makanannya, PPIH Arab Saudi melakukan uji rasa makanannya (mealtest),” jelasnya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) hingga tanggal 19 Juni 2023 pukul 24.00 WIB, jumlah Jemaah gelombang II yang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah berjumlah 81.918 orang, atau 213 kelompok terbang.

“Kedatangan jemaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA Madinah sampai dengan hari ini sebanyak 2.428 orang atau delapan kloter. Total kedatangan Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 185.659 orang atau 476 kelompok terbang,” terang Dodo.

Sementara Jemaah haji khusus yang telah sampai di Makkah per hari ini sebanyak 878 orang. “Sehingga sampai dengan saat ini jumlah jemaah haji khusus yang telah tiba sebanyak 7.800 orang,” jelasnya. (saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs