Senin, 13 Mei 2024

Jokowi Ajak Joe Biden Berkontribusi Wujudkan Perdamaian Global

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) bertemu Presiden AS Joe Biden (kanan) untuk membicarakan mengenai keamanan regional dan transisi energi ramah lingkungan, serta isu menarik lainnya seperti perang Israel-Hamas di Ruang Oval Gedung Putih, Washington, AS, Senin (13/11/2023). Foto: Antara Presiden Indonesia Joko Widodo (kiri) bertemu Presiden AS Joe Biden (kanan) untuk membicarakan mengenai keamanan regional dan transisi energi ramah lingkungan, serta isu menarik lainnya seperti perang Israel-Hamas di Ruang Oval Gedung Putih, Washington, AS, Senin (13/11/2023). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden RI mengajak Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS) untuk berkontribusi meredakan agresi Israel di Gaza, Palestina, demi terwujudnya perdamaian global.

Sekretariat Presiden di Jakarta pada Selasa (14/11/2023), menginformasikan ajakan itu disampaikan Jokowi saat pertemuan tatap muka dengan Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin (13/11/2023) waktu setempat.

“Indonesia berharap agar kemitraan kita (Indonesia-AS) dapat berkontribusi terhadap perdamaian dan kemakmuran regional dan juga global,” kata Jokowi.

Melansir dari Antara, dalam pertemuan tersebut, Jokowi Presiden mengajak Biden untuk berbuat lebih banyak dalam menghentikan konflik dan kekejaman yang terjadi di Gaza.

“Hal ini merupakan sebuah hal yang sangat menyakitkan bagi umat manusia,” katanya.

Dikatakan Jokowi Presiden gencatan senjata adalah suatu keharusan demi memenuhi rasa kemanusiaan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi mandat oleh Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk memulai tindakan atas nama OKI dan Liga Arab guna menghentikan perang di Gaza.

Selain Indonesia, para pemimpin OKI melalui resolusi yang disepakati usai KTT luar biasa di Riyadh pada Sabtu (11/11/2023), juga memberi mandat kepada Arab Saudi, Yordania, Mesir, Qatar, Turki, dan Nigeria untuk membantu memulai proses politik guna mewujudkan perdamaian antara Israel dan Palestina. (ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
27o
Kurs