Minggu, 25 Februari 2024

Perdana, Salat Iduladha di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Warga tuntas menyelesaikan Salat Iduladha di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur di Surabaya, Kamis (29/6/2023). Foto: Shava suarasurabaya.net

Ribuan warga dari kawasan Dukuh Kupang dan sekitarnya menjalankan salat Iduladha di Masjid Raya Islamic Center Jawa Timur di Surabaya, Kamis (29/6/2023). Ini adalah salat Iduladha perdana di masjid yang diresmikan pada 18 Maret 2023 itu.

Salat Iduladha dimulai tepat pukul 06.00 WIB dengan imam H. Achmad Satun Al Qowadir. Sedangkan KH Khozin Mustafid yang menjadi khatib, menyampaikan khutbah dengan tema “Transformasi nilai-nilai kisah keteladanan Nabi Ibrahim”.

Khozin Mustafid meminta jemaah meneladani amal Nabi Ibrahim. Betapa Nabi Ibrahim, ketika mendapatkan perintah dari Allah SWT, maka ia melaksanakan dengan sesempurna mungkin.

“Tidak sekadar menyelesaikan, tapi juga menyempurnakan perintah tersebut,” ucap Khozin dalam khutbahnya.

Kisah Nabi Ibrahim adalah wujud keyakinan mutlak kepada Sang Mutlak. Ikhlasnya Nabi Ibrahim merupakan bentuk kepasrahan, bukan mengalah apalagi menyerah kalah. Ikhlasnya Nabi Ibrahim juga wujud kepatuhan terhadap Sang Pencipta.

Sementara itu, Adhy Karyono Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim menyampaikan bahwa hari ini adalah kali pertama Masjid Raya Islamic Center digunakan untuk menggelar salat Iduladha.

“Masjid ini memang masih belum sempurna. Insyaallah dalam anggaran tahun depan akan ditambahkan sehingga masjid ini betul-betul sempurna. Sebab masjid ini menjadi legacy dari ibu Gubernur Khofifah yang diarsiteki Bapak Ridwan Kamil,” kata Adhy dalam sambutannya.

Adhy Karyono juga melaporkan jumlah hewan kurban yang diserahkan ke Masjid Raya Islamic Center mencapai 50 ekor sapi dan 110 ekor kambing.

“Insyaallah akan dibagikan utamanya untuk masyarakat di sekitar Islamic Center,” ucap Adhy. (saf/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Minggu, 25 Februari 2024
26o
Kurs