Senin, 29 April 2024

Jokowi Presiden Salurkan Bantuan Pemerintah pada Seribu Warga Kota Malang

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Joko Widodo Presiden menyapa masyarakat penerima manfaat BLT El Nino di Kantor Pos Malang, Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Foto : Antara

Joko Widodo Presiden RI membagikan paket beras kepada 1.000 keluarga penerima manfaat (KPM) di Gudang Bulog, Kota Malang pada Kamis (14/12/2023).

Saat menyapa warga, Jokowi menyampaikan bahwa bantuan pemerintah ini sudah disalurkan sejak beberapa bulan yang lalu. Warga Malang mendapat giliran yang ke-tujuh dalam menerima bantuan ini.

“Ini yang ke-tujuh. Untuk September, Oktober, November, Desember sudah terima semua,” ujar Jokowi kepada warga penerima bantuan, Kamis siang.

Jokowi menuturkan, paket bantuan berupa beras ini akan kembali diteruskan pada tiga bulan ke depan di tahun 2024. “Nanti akan dilanjutkan bulan Januari, Februari, Maret,” ungkapnya.

Selain itu, Presiden juga menyinggung soal Bantuan Langsung Tunai (BLT) akibat dampak dari El Nino juga akan diberikan sampai tahun depan. Rencananya, pemerintah akan mencairkan bantuan tersebut dari bulan Januari 2024 hingga Juni 2024.

“Kemudian BLT El Nino sudah diterima? Apakah ada yang sudah dapat apa belum? Karena minggu-minggu ini proses pencairan, jadi tolong dicek. Bantuan Rp400 ribu setiap bulan di bulan November dan Desember,” ungkap Jokowi.

Kemudian, para penerima manfaat yang hadir pada kesempatan itu juga merupakan penerima bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP).

Presiden kemudian menjelaskan bahwa bantuan pangan CBP akan dilanjutkan oleh pemerintah hingga Maret 2024.

Namun, kata Kepala Negara, masa pemberian bantuan pangan CBP akan kembali diperpanjang oleh pemerintah jika APBN mencukupi. “Kalau nanti APBN kita cukup akan diperpanjang lagi,” ujar Jokowi.

Sementara, Muhadjir Effendy Menko PMK memastikan bahwa beberapa program pemerintah bisa tersalurkan ke masyarakat.

“Ini pak Presiden meninjau Bulog untuk memastikan ketahanan pangan di sini dengan bantuan-bantuan beras yang digulirkan ke masyarakat,” tandasnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs