Selasa, 28 Mei 2024

KA Gaya Baru Alami Gangguan Lokomotif, Perlintasan Ngaglik Surabaya Macet Total

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kemacetan di Jalan Ngaglik, Surabaya pada Selasa (31/1/2023) karena rangkaian Kereta Api Gaya Baru tujuan Jakarta mengalami gangguan lokomotif. Foto: Doni via WhatsApp SS
Rangkaian Kereta Api Gaya Baru tujuan Jakarta mengalami gangguan lokomotif di perlintasan sebidang Jalan Ngaglik, Kota Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (31/1/2022) pukul 11.30 WIB. Hal ini mengakibatkan lalu lintas di jalan tersebut macet total.

Lukman Arif Manajer Humas PT KAI Daops 8 mengatakan, kejadian seperti ini sangat jarang terjadi apalagi pada lokomotif kereta api yang baru saja berangkat dari stasiun.

“Kami mohon maaf kepada penumpang dan masyarakat yang perjalanannya terhambat. Gangguan lokomotif ini akan kami evaluasi,” kata Lukman kepada Radio Suara Surabaya.

PT KAI Daops 8 akan mendatangkan lokomotif pengganti untuk membebaskan rangkaian 11 kereta atau gerbong ini dari perlintasan Ngaglik.

“Lokomotif pengganti berangkat dari Stasiun Kota 10 sampai 15 menit lagi. Selanjutnya proses penggantian lokomotif memerlukan waktu sekitar 30 menit,” kata Lukman pada pukul 12.15 WIB

Lukman menjelaskan, sesuai SOP, estimasi lama waktu penggantian lokomotif sekitar 30 menit, sehingga diperkirakan kereta yang seharusnya berangkat dari Stasiun Gubeng pukul 12.00 WIB baru bisa melanjutkan perjalanannya dari lokasi terakhir sekitar pukul 13.00 WIB.

Pada kesempatan yang sama, dia juga memastikan perjalanan rangkaian kereta api lainnya tidak terganggu karena jalur di Jawa Timur mulai Mojokerto ke barat sudah double track (jalur ganda).

Terkait pengaturan lalu lintas di Jalan Ngaglik, Command Center Kota Surabaya memastikan petugas Dinas Perhubungan dan Kepolisian sudah berada di lokasi untuk merekayasa lalu lintas, mengurangi volume kendaraan yang masuk ke jalan arah Tambaksari tersebut.(iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
29o
Kurs