Kamis, 2 Mei 2024

Kawasan Surabaya Barat Banjir, Lalu Lintas Lumpuh dan Belasan Kendaraan Mogok

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Belasan pengendara roda dua tampak mendorong motornya di Jalan Raya Dukuh Kupang imbas banjir di Jalan Mayjend Sungkono, Jumat (28/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sejumlah titik di Kota Surabaya banjir usai diguyur hujan deras dan angin kencang selama kurang lebih satu jam, pada Jumat (28/4/2023) siang. Banjir dilaporkan ada yang setinggi sekitar 50 Cm.

Pantauan suarasurabaya.net di kawasan Surabaya Barat, di Jalan Raya Mayjend Sungkono, arus lalu lintas lumpuh total. Kendaraan seperti mobil bahkan tidak bisa bergerak.

Semua kendaraan yang dari arah Bundaran Satelit ke Jalan Mayjend Sungkono, tepat di simpang empat Dukuh Kupang putar balik melawan arah karena banjir. “Banjir putar balik aja percuma gak bisa lewat,” sahut-sahutan pengendara motor dan mobil di lokasi.

Ratusan kendaraan roda empat dan roda dua juga dilaporkan memutar balik dan memadati kawasan Dukuh Kupang menuju Banyu Urip. Namun dari arah sebaliknya, belasan kendaraan sepeda motor mogok dan dituntun pemiliknya pascamemaksa melewati banjir.

“Iya mogok. Tadi padahal dituntun dari ujung (tikungan Jalan Girilaya menuju Dukuh Kupang),” kata Ayunda salah satu pengendara.

Beberapa pengendara tersebut mengaku terpaksa menerjang banjir karena mengejar waktu masuk kerja.

“Saya masuk jam 12.00 WIB. Tadi lewat itu jam setengah 11.30 WIB tapi macet, banjir, dan mogok,” imbuh Ayunda.

“Saya bingung lewat mana. Tadi ke Jalan Mayjend Sungkono, tapi sama, diputar (karena) balik banjir, lewat sini juga gak bisa jadi ya sudah berhenti,” kata salah seorang driver ojek online.

Sementara secara terpisah, Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Surabaya menyebut, sudah mengerahkan sejumlah unit di beberapa titik banjir.

“Simo Hilir, Wiyung Karangan Jaya situ, terus Mayjend Sungkono tiga unit yang paling besar, dan Banyu Urip,” katanya.

Dedik meminta masyarakat sabar menunggu penyedotan air yang sedang diupayakan maksimal pukul 14.00 WIB.

“Sabar ya tunggu aja dulu kalu tidak terllu urgent. Mayjen Sungkono sedang kita upayakan,” katanya tepat pukul 13.00 WIB. (Ita/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs