Selasa, 7 Mei 2024

Kebakaran Besar di Hawaii, Total Korban Jiwa 93 Orang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kota Lahaina hancur oleh kebakaran hutan dan lahan yang membesar akibat angin kencang di Pulau Maui, Hawaii, AS, Kamis (10/3/2023). Foto: Antara

Josh Green Gubernur Hawaii menyebut, terjadi kebakaran besar di sebagian lahan pulai Maui dan memakan korban jiwa sebanyak 93 orang.

Kobaran api bergerak cepat menerjang pantai barat laut Maui hingga meratakan kota resor bersejarah Lahaina serta melumat hampir seluruh benda yang berada di jalurnya pada Selasa (8/8/2023).

Beberapa hari setelah insiden kebakaran hebat tersebut, petugas pemadam masih berupaya menjinakkan percikan api yang tersisa. Serta mengerahkan anjing pelacak untuk mencari korban yang masih tertimbun puing-puing.

“Saat ini, kami masih dalam pergolakan fase akut pemulihan. Korban meninggal berjumlah 93 sekarang. Untungnya bantuan yang berdatangan luar biasa,” ujar Green yang dilansir Antara, Minggu (13/8/2023).

Jumlah tersebut juga yang tertinggi sejak kebakaran hutan dan lahan pada 1918, ketika 453 orang meninggal karena kebakaran di Kota Cloquet di Minnesota dan Wisconsin berdasarkan data dari Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional (NFPA).

Gubernur Hawaii juga berupaya untuk menyelidiki terhadap kobaran api dan sistem pemberitahuan darurat, setelah beberapa warga mempertanyakan apakah lebih banyak yang bisa dilakukan untuk memperingatkan mereka sebelum rumah mereka dilalap api.

Bencana dilaporkan mulai terjadi pada malam hari di Kota Kula, kira-kira 55 km dari Lahaina pada Selasa. Pada saat kejadian kebakaran terjadi, beberapa orang terpaksa terjun ke laut untuk menyelamatkan diri.

Sirene yang ditempatkan di sekitar pulau tidak berbunyi. Padahal fungsi dari sirene dimaksudkan untuk memperingatkan bencana alam yang akan datang, akibat dari pemadaman listrik berimbas matinya sistem telekomunikasi di pulau tersebut.

“Kita akan segera tahu apakah mereka sudah cukup berupaya atau tidak untuk mengaktifkan sirene itu,” imbuhnya.

Meskipun lokasi bekas kebakaran masih ditutup, pihak berwenang mulai mengizinkan penduduk asli untuk kembali ke Maui pada Jumat (11/8/2023). (ant/fra/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
33o
Kurs