Minggu, 5 Mei 2024

Kecelakaan Beruntun di Tol Boyolali Diduga Akibat Sopir Truk Mengantuk dan Rem Blong

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kecelakaan beruntun di Tol Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (14/4/2023). Foto: Antara

AKP Herdi Pratama Kasat Lantas Polres Boyolali, Jawa Tengah menjelaskan, kecelakaan beruntun di Jalan Tol Solo-Semarang, tepatnya 600 meter dekat rest area Bale Nglaras KM 487 Desa/Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, melibatkan delapan kendaraan sebagian ukuran besar yang terdiri enam unit trailer, satu truk boks dan satu Isuzu Elf.

Herdi mengatakan kecelakaan terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Kecelakaan berawal saat truk trailer mengangkut besi dari arah Semarang menuju Solo, yang diduga sopirnya mengantuk, ditambah kendaraan mengalami rem blong serta kelebihan muatan, sehingga pengereman tidak berfungsi dengan baik.

Truk trailer mengangkut besi tersebut kemudian menabrak mobil Elf di depannya. Setelah itu menabrak truk-truk di bahu jalan yang sedang parkir sehingga kendaraan banyak yang keluar dari jalan tol.

“Jadi truk trailer bawa besi berjalan dari arah Semarang kemudian menabrak Elf yang berjalan di depannya dan kemudian menabrak satu truk boks dan lima truk trailer yang sedang parkir di bahu jalan,” katanya.

Sementara untuk enam korban meninggal seperti yang diberitakan sebelumnya, semuanya sudah berhasil dievakuasi. Evakuasi berjalan dramatis karena ada satu korban meninggal yang terjepit di dalam truk boks. Petugas harus mengerahkan alat berat untuk mengevakuasi korban.

“Kami catat untuk korban meninggal ada enam orang yang terdiri dari empat penumpang Elf, satu kernet truk boks dan satu sopir truk trailer pengangkut besi. Satu korban luka berat dan enam orang lainnya luka ringan,” kata Herdi, melansir Antara.

Pihaknya belum bisa memberikan keterangan para korban karena masih diidentifikasi. Kejadian tersebut tidak masih mengganggu arus lalu lintas di Jalan Tol dari arah Semarang ke Solo karena kejadian di bahu jalan.

“Jadi truk trailer bawa besi berjalan dari arah Semarang kemudian menabrak Elf yang berjalan di depannya dan kemudian menabrak satu truk boks dan lima truk trailer yang sedang parkir di bahu jalan,” katanya.

Korban meninggal dan luka-luka sudah berhasil dievakuasi semua ke Rumah Sakit Umum Daerah Pandan Arang Boyolali dan RS Indriati Boyolali. Petugas kini masih melakukan evakuasi kendaraan dan segera melakukan olah tempat kejadian perkara.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs