Minggu, 14 April 2024

Kegiatan Event dan MICE di Jatim Digalakkan usai Pandemi Berakhir

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jokowi dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Tahun 2023 di Balikpapan, Kamis (23/2/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Usai berakhirnya pandemi, pergerakan event dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di Jawa Timur telah digeber untuk kembali menggerakkan roda perekonomian.

“Urusan MICE kita lagi dorong, karena keyakinan kita MICE di tahun 2023 setelah pandemi ini, PPKM dicabut ini MICE ini akan jalan,” ujar Adik Dwi Putranto Ketua Umum Kadin Jawa Timur (Jatim) saat mengudara di Suara Surabaya, Kamis (23/2/2023).

Progres aktif tersebut, ditunjukkan dengan padatnya jadwal di Jatim untuk satu tahun ke depan yang diisi oleh beragam kegiatan seperti pariwisata, festival, beserta produk UKM.

Menurutnya, dari sekian banyak event lain, yang akan paling ramai tahun ini adalah wisata.

“Tapi yang paling banyak itu event wisata, kalau Jawa Timur wisata sama olahraga,” kata Adik.

Adik juga menuturkan, untuk menggerakkan potensi wisata desa di Jatim, pihaknya akan melakukan persiapan pada SDM (Sumber Daya Manusia) yang ada.

 “Supaya lebih nyaman dikunjungi, lebih bisa berkomunikasi dengan pengunjung, dan bagaimana wisata desa itu mengkoordinir UKM di desa itu untuk ikut berperan aktif,” imbuh Ketua Umum Kadin Jatim itu.

Menurut Adik, jajaran kepala daerah, bupati hingga wali kota di Jatim, semua turut menyambut dan ikut mendorong pengembangan kegiatan event dan MICE yang dilangsungkan di wilayah mereka dengan antusias. 

Sementara itu, Adik menjelaskan bahwa terkait perizinan tidak serumit yang disampaikan Joko Widodo Presiden Republik Indonesia saat Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Tahun 2023 di Balikpapan, Kamis (23/2/2023).

“Ya pake izin tapi kita dua atau sebulan sudah keluar, malah dilonggarkan,” kata Adik.

Adik juga berharap pada aparat untuk memiliki visi yang sama soal perizinan kegiatan event dan MICE. 

“Mempunyai visi yang sama, mulai dari Kapolda nya, sampai dengan Kapolres sama Kapolsek, ini visi nya harus sama, bahwa ini dalam rangka menggerakkan perekonomian,” imbuhnya.

Respon Adik terkait perkembangan event dan MICE di Jatim ini, dipicu oleh pesan Jokowi saat Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Tahun 2023, untuk mendorong masyarakatnya memperbanyak belanja di berbagai sektor.(abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 14 April 2024
30o
Kurs