Rabu, 28 Februari 2024

Kemenag Sediakan 10 Jenis Master Mushaf Al Quran Siap Cetak

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Cover Mushaf Al Quran Isyarat yang diterbitkan Kementerian Agama. Foto: Kemenag Cover Mushaf Al Quran Isyarat yang diterbitkan Kementerian Agama. Foto: Kemenag

Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ), Balitbang dan Diklat, Kementerian Agama menyediakan 10 jenis master mushaf Al Quran siap cetak yang bisa diperoleh secara gratis dan disiapkan bagi masyarakat untuk diedarkan.

“Saat ini di LPMQ ada 10 jenis master mushaf Al Quran. Kami sediakan bagi siapa saja yang ingin menerbitkan Al Quran di Indonesia. Silakan, layanan ini cuma-cuma alias gratis,” ujar Suyitno Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag di Jakarta, Selasa (28/11/2023), seperti dilaporkan Antara.

Suyitno mengatakan 10 jenis master mushaf Al Quran tersebut sudah melalui serangkaian proses pentashihan atau pemeriksaan secara teliti, cermat, dan berulang-ulang oleh tim pentashih Al Quran Kemenag.

Langkah tersebut dilakukan mengingat penyediaan master mushaf Al Quran siap cetak adalah bagian dari upaya pemerintah menjaga kesahihan mushaf Al Quran di Indonesia.

“Semua master mushaf ini sudah ditashih berulang-ulang oleh tim pentashih LPMQ sehingga terjamin kesahihannya. Mekanisme ini dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan sekaligus menjaga kualitas penerbitan mushaf Al Quran di Indonesia,” kata dia.

Meski demikian, Abdul Aziz Sidqi Kepala LPMQ mengingatkan bahwa jika ada pihak yang akan mencetak Al Quran menggunakan master mushaf dari LPMQ, mereka tetap harus mengajukan proses pentashihan.

Ketentuan ini diberlakukan untuk memastikan tidak terjadi kesalahan dalam teks mushaf akibat proses layout, pembuatan iluminasi, pembubuhan dhabt (misalnya: titik, sukun, tanda mad, syiddah), dan sebagainya.

“Meskipun menggunakan master mushaf dari LPMQ, kalau mau dicetak tetap harus ditashihkan terlebih dahulu. Karena biasanya ada proses layout ulang, penambahan iluminasi dan lainnya yang dilakukan pihak yang akan mencetak. Sehingga tetap harus ditashih kembali oleh LPMQ,” kata Aziz.

Menurutnya, LPMQ akan terus menambah jumlah master mushaf Al Quran yang siap cetak agar masyarakat memiliki banyak pilihan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyusun master mushaf sendiri dan mengajak penerbit Al Quran untuk mewakafkan master mushafnya kepada LPMQ untuk dapat digunakan pihak lain secara gratis.

“Penambahan varian master mushaf akan terus kami lakukan. Insya Allah, di tahun 2024 master Mushaf Al Quran Isyarat 30 juz juga sudah tersedia,” kata Aziz.

Untuk memperoleh master mushaf Al Quran siap cetak dari LPMQ, masyarakat cukup mengisi formulir permohonan dan melengkapi form administratif di alamat https://tashih.kemenag.go.id/permohonan.

Adapun 10 jenis master mushaf Al Quran yang tersedia yakni Surah Yasin dan Tahlil, Mushaf 30 Juz Rasm Utsmani khat Isep Misbah, Mushaf Al Quran 30 Juz Rasm Utsmani khat Utsman Taha, Mushaf Al Quran 30 Juz Rasm Utsmani dengan Tajwid Warna khat Isep Misbah, Mushaf Al Quran 30 Juz Rasm Utsmani dan Terjemahan khat Isep Misbah.

Lalu, Mushaf Al Quran dalam Huruf Arab Baraille dan Terjemahannya, Juz Amma Isyarat Metode Tilawah, Juz Amma Isyarat Metode Kitabah, Panduan Belajar Membaca Mushaf Al Quran Isyarat, dan terakhir Pedoman Membaca Mushaf Al Quran Isyarat Bagi PDSW.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs