Rabu, 24 Juli 2024

Kementerian ATR/BPN Dalami Kepemilikan Tanah di Depo Pertamina Plumpang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Hadi Tjahjanto saat dilantik menjadi Menteri Agrarian dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional di sisa masa jabatan Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Foto: tangkapan layar Youtube Setpres

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah mendalami kepemilikan tanah di sekitar Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Hadi Tjahjanto Menteri ATR/BPN, mengatakan pendalaman tersebut dilakukan oleh pihaknya dengan memerintahkan Kepala Kantor Pertanahan (Kakanta) Jakarta Utara untuk terjun langsung ke lokasi dan melakukan identifikasi kepemilikan tanah itu.

“Kemarin, Kakanta Jakarta Utara sudah saya perintahkan untuk langsung ke lapangan mengidentifikasi mana (tanah) yang punya rakyat, mana yang punya Pertamina, mana punya PT (pihak swasta). Silakan diukur, kemudian hasilnya nanti dilaporkan ke saya,” ucap Hadi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Ia lalu mengatakan hasil identifikasi kepemilikan lahan itu akan segera disampaikan kepada masyarakat setempat sehingga mereka dapat memperoleh kepastian mengenai legalitas tanah tempat permukimannya.

Sementara itu, Himawan Arief Sugoto mSekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN enyampaikan persoalan tanah di Depo Pertamina Plumpang telah mendapat perhatian pemerintah sejak dahulu, terutama mengenai kawasan di sekitarnya yang dipadati pemukiman penduduk.

“Kami akan cek kalau itu tanah masyarakat, maka akan ada program penlok (penetapan lokasi), pengadaan tanah. Tapi kalau itu tanahnya Pertamina, akan ada ketentuan lain yang akan kami bahas nanti dengan Pertamina,” kata Himawan.

Ia pun mengatakan area di sekitar di depo tersebut sudah sepatutnya dibangun zona penyangga guna mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Sebelumnya, Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.00 WIB. Kemudian, api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menerjunkan sebanyak 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk membantu proses pemadaman di lokasi.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs